logoblog

Cari

Tutup Iklan

Kampung Media, Inisiatif dari NTB Untuk Indonesia

Kampung Media, Inisiatif dari NTB Untuk Indonesia

Gubernur NTB DR TGH M Zainul Majdi menjelaskan keberhasilan provinsi NTB tak lepas dari kerjasama pemerintah dengan masyarakat. Ada banyak kelompok

Pemerintahan

Kampung Media, Inisiatif dari NTB Untuk Indonesia

Kampung Media, Inisiatif dari NTB Untuk Indonesia

Abu Macel
Oleh Abu Macel
19 Desember, 2013 12:25:37
Pemerintahan
Komentar: 1
Dibaca: 3499 Kali

Gubernur NTB DR TGH M Zainul Majdi menjelaskan keberhasilan provinsi NTB tak lepas dari kerjasama pemerintah dengan masyarakat. Ada banyak kelompok masyarakat yang berikhtiar dengan cara mereka sendiri, mulai dari Kelompok Sadar Wisata hingga Komunitas Kampung Media yang mewartakan daerahnya di dunia maya. Inilah inisiatif masyarakat NTB untuk Indonesia.

Pada segment ketiga acara Coffee Break, Zainul Majdi mencontohkan total kunjungan wisatawan yang melebihi target dari 1 juta wisatawan menjadi 1, 1 tahun 2012 dan target berikutnya untuk tahun 2018 adalah 2 juta wisatawan. Serta keberhasilan lainnya sehingga NTB meraih sejumlah penghargaan tak lepas dari kerjasama yang baik antara masyarakat dan pemerintah.

Misalnya di sekitar tempat-tempat wisata dibentuk Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata), mereka yang menjaga kebersihan, keamanan dan memastikan para wisatawan merasa aman dan nyaman.

Ada juga anak-anak muda yang punya inisiatif membentuk Komunitas Kampung Media. Ide awalnya sebenarnya adalah bagaimana supaya IT bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mempromosikan NTB dan semua hal-hal baik yang ada di NTB.

Komunitas Kampung Media jelas Gubernur adalah memberdayakan komunitas agar anak-anak muda bisa melek IT, memanfaatkannya untuk menggali potensi dirinya. Misalnya mereka akan lebih mudah mengenalkan potensi-potensi yang ada di sekitarnya sehingga dikenal oleh banyak masyrakat luar. Dengan demikian dalam Komunitas Kampung Media ada aktivitas sosial, budaya dan juga ekonomi.

Komunitas Kampung media jelas Majdi, telah menciptakan budaya baru. Di NTB lebih banyak adalah budaya bertutur. Kampung Media berusaha merubah itu menjadi budaya menulis. Kampung media tidak hanya mengajarkan anak-anak muda untuk berbicara saja, tapi juga menulis, mengakses internet secara sehat. Dan ini merupakan sebuah nilai budaya yang bagus.

Pemerintah pusat, lewat Kominfo sangat merespon terhadap program Kampung Media. Hingga sekarang komunitas kampung media sudah mencapai 63, melebihi target semula yakni 50 komunitas. "Semoga suport dari Kominfo, anak-anak muda dan juga Pemda bisa mencapai 100 bahkan lebih di masa akan datang. Hal ini sebagai contoh bahwa di NTB tumbuh inisiatif hal-hal yang bermanfaat untuk Indonesia, " ujar TGB.

Baca Juga :


Respon Kominfo yakni dengan mempercayakan Komunitas Kampung Media mengelola Pusat Layanan Internet Kecamatan (PLIK). Inilah yang memacu mereka untuk memberikan palayanan informasi di lingkungan komunitas dan sekaligus bisa menciptakan wirausaha baru.

Saat closing statement di segmen ahir , Zainul Majdi mengungkapkan Impiannya untuk NTB ke depan adalah NTB yang beriman, berbudaya, berdaya saing dan sejahtera. TGB memimpikan NTB yang budayanya tetap terjaga sampai kapanpun, keberagamannya tetap kuat, tetapi pada saat yang sama juga ada dayasaing dengan provinsi-provinsi yang lain. Dan cita-cita besarnya agar masyarakat NTB menjadi masyarakat yang sejahtera, yang ekonominya baik dan bisa memenuhi kebutuhannya dengan baik.

NTB memiliki banyak potensi-potensi baik yang belum maupun yang sudah diekplorasi. NTB selama ini banyak menghasil produk-produk yang sifatnya masih bahan mentah. Misalnya saja mutiara kelas dunia, yang selama ini diekspor dalam keadaan mentah.

Ada juga jagung, rumput laut, kedelai, dan banyak lagi komoditas yang lain. NTB berharap bisa membuat produksinya di daerah, sehingga manfaatnya tidak keluar semua. Maka NTB mulai merintis bagian pengolahan untuk industrinya, agar dari hulu hingga hilir bisa dilakukan semua di NTB. [fay]




 



 

Artikel Terkait

1 KOMENTAR

  1. KM. Abiantubuh

    KM. Abiantubuh

    25 Februari, 2014

    kampung media kian hebat.. bravo KM


 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2017 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan