logoblog

Cari

Pembagian Yang Adil

Pembagian Yang Adil

KM Sambang Kampung- membagi warisan adalah suatu kegiatan memberikan sejumlah harta atau benda kepada ahli waris menurut ketentuan yang telah ditentukan

Pemerintahan

KM. Sambang Kampung
Oleh KM. Sambang Kampung
11 Januari, 2015 21:03:54
Pemerintahan
Komentar: 0
Dibaca: 13069 Kali

KM Sambang Kampung- membagi warisan adalah suatu kegiatan memberikan sejumlah harta atau benda kepada ahli waris menurut ketentuan yang telah ditentukan bai secara agama maupun secara Undang-undang yang berlaku. Terkadang didalam proses pembagian warisan ini sering sekali terjadi perselisihan bahkan terjadi pertengkaran hebat oleh para penerima waris.

Untuk mengatasi hal yang tidak diinginkan didalam pembagian warisan di desa Teros maka Kepala Desa Teros langsung memimpin dan dibantu oleh semua kadus serta sedahan (petugas pengukur tanah) beserta pegawai dari Badan Pertanahan Nasional dihadiri oleh seluruh keluarga penerima warisan.

Proses pembagian warisan supaya berjalan lancar dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan maka ada beberapa trik atau cara Kepala Desa teros mengatur prosedur pembagian warisan ini. Sebelum pembagian warisan dimulai seluruh pemberi dan penerima warisan dikumpulkan di Kantor Desa Teros dan diberi pengarahan oleh kepala Desa Teros tentang tata cara pembagian warisan sebagai berikut :
1. Jika ahli waris hanya terdiri dari ahli waris 'ashabah binafsih maka asal masalahnya adalah sejumlah ahli waris yang ada :
contoh :
Ahli waris terdiri dari 6 orang anak laki-laki. Maka asal masalahnya adalah 6. Cara pembagian warisannya langsung dibagi 6, dan masing-masing ahli waris mendapat satu bilangan.

2. Jika ahli waris hanya terdiri dari ahli waris 'ashabah laki-laki dan perempuan, maka untuk laki-laki dua kali lipat perempuan, dengan cara dikalikan dua.
Contoh :
Ahli waris terdiri dari 3 orang anak laki-laki dari 3 orang anak perempuan. Cara mencari asal masalahnya : (3x2)+3=9. Cara pembagian harta warisannya: Harta dibagi 9; untuk anak laki-laki masing-masing 2 bagian dan masing-masing anak perempuan satu bagian.

3. Jika ahli waris hanya satu orang ahli waris ashabul furudl, atau satu orang ahli waris ashabul furudl dan satu orang 'ashabah maka asal masalahnya adalah angka "penyebut" bagian ahli waris yang bersangkutan.

Contoh :
Ahli waris hanya seorang anak perempuan. Bagian seorang anak perempuan adalah 1/2. Maka asal masalahnya adalah 2. Cara pembagian harta warisan adalah : harta warisan :2= bagian anak perempuan.
Atau anak perempuan bersama bapak. Bagian seorang anak perempuan adalah 1/2, sedangkan sisanya untuk bapak.

Setelah menerima penjelasan maka semua yang terlibat berangkat menuju lokasi pembagian warisan, setalah itu diadakan doa bersama sebelum dimulai pengukuran, proses pengukuranpun dilakukan dengan sangat teliti oleh petugas dan meyakinkan kepada seluruh penerima warisan bahwa pengukuran sudah dilakukan dengan sebaik-baiknya di saksikan oleh seluruh saksi yang hadir.

 

Baca Juga :


Setelah proses pengukuran selesai Kepala Desa Teros Suryadi kembali mengumpulkan seluruh penerima warisan untuk diberikan arahan-arahan sehingga dikemudian hari kekompakan dan keharmonisan keluarga yang telah menerima warisan ini terus terjaga dengan baik. Mendengar kata-kata dari Kepala Desa Teros tersebut seluruh penerima warisan meneteskan air mata haru. Menurut Mustiem salah seorang yang menerima warisan dari orang tuanya Almarhum H. Muksin pada Hari Minggu (11/1) mengatakan bahwa InsyaAllah keharmonisan ini akan terus kami jaga dengan pembagian warisan yang adil ini merupakan langkah kami untuk terus mempererat silaturrahmi apa lagi kami sudahditinggal meninggal dunia oleh Bapak yang memberikan warisan ini. warisan yang ditinggalkanpun hanya berupa sawah didua tempat di Kelayu seluas 30 Are dibagi 3 orang saudara dan di Teros seluas 42 Are dibagi menjadi 5 orang.

Semoga langkah Kepala Desa Teros beserta seluruh jajarannya terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakatnya. terlebih lagi dalam hal pembagian warisan inipun tidak ada yang dirugiakan Inilah bukti pengabdian terbaik dari aparatur didesa dalam memberikan pelayanan sehingga tidak berdampak buruk dalam pembagian warisan.(uyik) - 05

 



 
KM. Sambang Kampung

KM. Sambang Kampung

Bercita-cita membangun Agro Mart HP. 081917979038 Anggota Kampng Media Sambang Kampung : 1. MASYHURI, SE.MM. 2. SALMAN ALFARISI. SE.MM. 3.ZUHROTUL AINI, AMd. KL. 4. M. HUSNUL FIKRI, ST. 5. NADIA PUJI LESTARI

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan