logoblog

Cari

Tutup Iklan

Rencana Festival Batu Akik Nusantara

Rencana Festival Batu Akik Nusantara

Kabupaten Lombok Tengah yang terkenal dengan festival bau nyale dan pantai kutanya yang masih asri ternyata juga memiliki kekayaan bumi yang

Pemerintahan

KM. Mutiara
Oleh KM. Mutiara
25 Januari, 2015 15:03:04
Pemerintahan
Komentar: 0
Dibaca: 9951 Kali

Kabupaten Lombok Tengah yang terkenal dengan festival bau nyale dan pantai kutanya yang masih asri ternyata juga memiliki kekayaan bumi yang lain. Ini terbukti dengan beberapa bulan ini bredar kabar di media-media masa terkait dengan kmunculan kekayaan masyarakat Lombok Tengah yakni Batu Akik. Masyarakat Lombok Tengah mulai memiliki mata pencaharian baru yakni menjadi kolektor batu akik.
Demam batu akik yang melanda masyarakat Lombok Tengah ini, sudah sangat menjamur terbukti dengan hampir semua kalangan mulai dari anak-anak, muda sampai dewasa menjadi kolektor dan penambang batu akik.

Kemunculan dan keberadaan Batu Akik Loteng merupakan harta perhiasan yang sangat berharga dan memiliki nilai luhur tinggi yang semestinya harus dilindungi oleh pemerintah daerah khusunya Bupati Lombok Tengah. Jika hanya dibiarkan seperti ini tentunya akan sangat sia-sia keberadaan batu akik yang membuat media cetak dan media elektronik heboh.

Munculnya keindahan batu akik Lombok Tengah memiliki tekstur yang sangat khas dan langka harus didukung penuh oleh pemerintah daerah Lombok Tengah, serta semestinya harus difasilitasi fenomena yang terjadi dikalangan masyarakat terkait dengan keberadaan batu cantik ini. Dilihat dari kaca mata pariwisata keberadaan batu akik lombok tengah ini bisa menjadi daya tawar untuk mendatangkan banyak wiatawan asing ke Kabupaten yang terkenal dengan nama Tatas Tuhu Trasna ini.

Selama ini yang kita ketahui bahwa Kabupaten Lombok Tengah hanya memiliki satu Ikon pariwisata untuk dijual kehalayak publik yakni perayaan Festival Bau Nyale tetapi ini hanya dilakukan sekali dalam satu tahun, tentunya untuk menarik lebih banyak lagi wisatawan-wisatawan asing pemerintah daerah harus memiliki ikon yag bisa terus dijual. Terlebih-lebih Lombok Tengah adalah gerbang kedatagan para tourisme karena keberadaan Bandara Intenasional Lombok.

 

Baca Juga :


Keberadaan Batu akik yang sekarang boming di masyarakat Lombok Tengah bisa menjadi salah satu ikon yang sangat luar biasa. Bupati Lombok Tengah harus membuatkan wadah bagi masyarakat pecinta batu akik ini. Salah satu yang bisa mungkin dilakukan adalah dengan membuat Festival Batu Akik Nusantara.

Festival ini nantinya diharapkan dapat memacu semangat masyarakat Lombok Tengah untuk selalu mencari dan mengumpulkan beragam bentuk batu akik. Dan tentunya dengan keberadaan festival ini nanti akan memancing minat wisatawan untuk datang dan berkunjung ke Pulau Lombok. [] - 05



 
KM. Mutiara

KM. Mutiara

Baca yang seharusnya diBaca Fikir yang seharusnya diFikirkan Kerja yang seharusnya diKerjakan Kampung Medianya PMII admin @Yas Arman Al Yho Baca-Fikir-Kerja

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan