logoblog

Cari

Jaring Asmara Pra Forum SKPD

Jaring Asmara Pra Forum SKPD

PADA tahun anggaran 2015, Pemerintah Kabupaten Bima menerapkan pola baru penjaringan aspirasi masyarakat (jaring Asmara) yang sebelumnya melalui hanya Forum Satuan

Pemerintahan

S. SAMADA
Oleh S. SAMADA
02 Maret, 2015 21:54:44
Pemerintahan
Komentar: 0
Dibaca: 12643 Kali

PADA tahun anggaran 2015, Pemerintah Kabupaten Bima menerapkan pola baru penjaringan aspirasi masyarakat (jaring Asmara) yang sebelumnya melalui hanya Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Bima, kini dilaksanakan pra-forum SKPD yang secara khusus menghadirkan 18 camat dengan membawa Rencana Pembangunan Tahunan Kecamatan  (RPTK) masing – masing. Tema yang diangkat dalam dialog tersebut yakni ”Meningkatkan Daya Saing Daerah Guna Mendorong Kemandirian Ekonomi, Peningkatan Investasi dan Pengurangan Kemiskinan”.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Bupati, Senin, (2/3/15) dibuka secara resmi oleh Bupati Bima Drs. H. Syafrudin H.M.Nur, M.Pd. yang didampingi Sekda Kabupaten Bima, Drs. H.M.Taufik, HAK, MSi, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Drs. Muzakkir, M.Sc, Kepala Bappeda Ir. Indra Jaya dan Ketua PPID Kabupaten Bima Zunaidin, S.Sos,  MM .

Bupati dalam arahannya menyatakan, pembangunan daerah diarahkan pada berbagai kebijakan pembangunan yang bersifat mendasar sesuai tuntutan kebutuhan daerah dan masyarakat. Nah, melalui Forum SKPD ini diharapkan dapat menyusun dokumen kerja secara lengkap, aktual, teratur dan terarah yang sesuai fakta.

“Saya harap para pejabat pembuat program dapat memilih dan memilah, serta mengajukan usulan-usulan prioritas yang diurutkan sesuai tingkat urgensinya. Di forum ini, SKPD juga dituntut melakukan inventarisasi program dan perencanaan kegiatan yang akan dibuat SKPD tahun 2016 mendatang," kata Bupati.

Di kesempatan yang sama, Sekretaris Daerah Kabupaten Bima Drs. H.M. Taufik, HAK, M.Si memaparkan, aspek perencanaan berdampak pada persoalan pelayanan informasi. Dengan demikian, nantinya Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) di masing-masing kecamatan akan berperan penting melayani informasi publik secara transparan.

“Dukungan regulasi, dan fasilitasi oleh AIPD yang ditujukan agar usulan kecamatan menjadi prioritas telah ada sehingga nantinya pengelolaan keuangan di tingkat kecamatan dan desa akan benar-benar transparan dan tidak menimbulkan konflik," ungkapnya.

 

Baca Juga :


Secara khusus, Sekda menekankan peran penting camat dalam aspek perencanaan.  Kata dia, Forum SKPD ditujukan untuk mengintegrasikan aspirasi lintas sektor dengan mengacu pada indikator yang ada dalam RPJMD. Dengan demikian, camat harus memahami dengan baik kondisi di lapangan dan mengetahui skala prioritas pembangunan di masing-masing wilayah. “Selanjutnya progran prioritas ini  disampaikan kepada para kepala desa untuk selanjutnya dijabarkan dalam Rencana Pembangunan di desa," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Bappeda Kabupaten Bima Ir. Indra Jaya mengatakan, Musrenbang tingkat Kecamatan telah selesai dilaksanakan pada 18 kecamatan yang ada. Beberapa catatan yang menjadi bahan evaluasi, antara lain tidak adanya kehadiran anggota DPRD Kabupaten Bima pada penjaringan aspirasi di tingkat kecamatan tersebut. Demikian halnya utusan SKPD, tidak semuanya hadir pada Musrenbang, padahal seharusnya SKPD hadir untuk mengawal aspirasi itu dan yang selanjutnya dibawa ke Forum SKPD. “Dengan demikian, saaat forum SKPD dilaksanakan tidak ada lagi pertanyaan tentang materi usulan yang disampaikan,” ungkapnya.

Indra menambahkan, pra Forum SKPD yang melibatkan para camat ini penting guna memperbaiki pelaksanaan perancanaan tahun sebelumnya. Forum SKPD para camat ini dimaksudkan untuk menyatukan persepsi. Apalagi memasuki tahun 2016 kewenangan camat makin luas dan hal ini akan berpengaruh pada aspek perencanaan. (smd) - 05



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan