logoblog

Cari

Tahun 2015, Dompu Dapat Kado Istimewa

Tahun 2015, Dompu Dapat Kado Istimewa

KM Manggelewa -  Presiden Joko Widodo dipsatikan akan melakukan kunjungan ke Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kedatangan orang nomor satu

Pemerintahan

KM. Manggelewa
Oleh KM. Manggelewa
09 Maret, 2015 13:14:20
Pemerintahan
Komentar: 0
Dibaca: 8961 Kali

KM Manggelewa -  Presiden Joko Widodo dipsatikan akan melakukan kunjungan ke Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat (NTB). Kedatangan orang nomor satu di negeri ini, selain menghadiri puncak hari jadi ke-200 Kabupaten Dompu yang dirangkaikan dengan Peringatan Dua Abad Meletusnya Gunung Tambora, juga akan meremismikan berbagai proyek di Kabupaten Dompu.

Bupati Dompu, H Bambang M Yasin kepada Kampung media manggelewa  mengatakan, komunikasi dengan Presiden langsung telah dilakukan oleh Gubernur NTB, TGH Zainul Majdi, yang kebetulan menghadap Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka langsung.  

“Kami sudah mendapat kepastian bahwa bapak Presiden Joko Widodo bersedia hadir ke Kabupaten Dompu pada tanggal 11 April mendatang,” ungkapnya

Dikatakannya, kedatangan Presiden Joko Widodo ke Dompu merupakan kado terbesar yang diterima Kabupaten Dompu di usianya yang ke-200 tahun. Tidak hanya itu, Presiden juga akan secara khusus memberikan kado yang istimewa bagi warga di Kabupaten Dompu, yakni dengan menetapkan Gunung Api Tambora sebagai Taman Nasional.  

Gunung Api Tambora yang berada di antara Kabupaten Dompu dan Kabupaten Bima ini, sebelumnya diusulkan perubahan statusnya dari Cagar Alam menjadi Taman Nasional sejak satu tahun silam. Informasi yang didapat dari Badan Konservasi dan Sumberdaya Alam (BKSDA) NTB, telah memastikan sebelum tanggal 11 April status Tambora sudah berubah.  

“Presiden yang akan menyerahkan SK perubahan tersebut kepada Pemkab Dompu,” jelasnya.  

Selain memberikan kado teristimewa kepada masyarakat Dompu, Presiden dijadwalkan juga akan melakukan panen raya jagung. Tahun 2015 ini, seluas 40.000 hektar lahan jagung dikembangkan sebagai komoditas unggulan daerah.

Presiden juga akan melakukan peninjauan proses pembangunan pabrik gula di Kecamatan Pekat, yang merupakan satu-satunya pabrik gula yang dibangun di luar Pulau Jawa, memiliki proses tinggi.

Bupati meyakini, meski padatnya agenda Presiden dalam menjalankan roda pemerintahan di Indonesia, dipastikan akan menyempatkan diri mengunjungi Dompu. Kabupaten Dompu, kata dia, merupakan salah satu Kabupaten di Indonesia yang sejak awal komitmen mempertahankan ketahanan pangan dengan pengembangan Komiditas jagung sebagai unggulannya.  

Sementara itu, atas kesiapan Presiden yang akan mengunjungi Dompu ini, beberapa agenda dalam menyongsong dan menyemarakkan Hari jadi ke-200 Dompu serta peringatan dua abad meletusnya Gunung Api Tambora, sebagian akan ditiadakan. Salah satunya adalah upacara puncak Hari Jadi Dompu. Meski akan ada perubahan, namun agenda yang juga dihajatkan untuk peningkatan ekonomi kerakyatan ini tetap digelar.  

Beberapa acara yang dipastikan akan digelar untuk mendukung acara puncak tersebut adalah upacara Budaya Cera Labu atau Sedekah Laut, Pesta Rakyat, Festival Kuliner, menangkap sapi menggunakan Laso, dan acara-acara yang akan digelar oleh event organizer (EO).

Dipastikan, saat kunjungan Presiden ke lokasi puncak peringatan di Pos 1 Kawasan Gunung Tambora itu dihadiri 10.000 warga. Aparat keamanan akan memberlakukan tiga ring dalam mengamankan agenda besar tersebut. (opick) - 05

 

Baca Juga :


 



 
KM. Manggelewa

KM. Manggelewa

Nama ; Opick Manggelewa Alamat : Manggelewa - Dompu - NTB Kordinator Kampung media manggelewa - dompu - NTB 081 337 202 155 Email kampungmedia_manggelewa@yahoo.com opick_manggelewa@yahoo.co.id. opik.manggelewa@gmail.com

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan