logoblog

Cari

Tutup Iklan

Kinerja Pansus DPRD Dinilai Molor

Kinerja Pansus DPRD Dinilai Molor

Dompu, KM, Faruk -  Koordinator Wilayah Institut Transparansi Kebijakan (ITK) NTB Ilham Yahyu menilai kinerja Panitia Khusus (Pansus) yang dibentuk DPRD

Pemerintahan

KM, Woja/Saneo
Oleh KM, Woja/Saneo
21 April, 2015 12:50:37
Pemerintahan
Komentar: 0
Dibaca: 6516 Kali

Dompu, KM, Faruk -  Koordinator Wilayah Institut Transparansi Kebijakan (ITK) NTB Ilham Yahyu menilai kinerja Panitia Khusus (Pansus) yang dibentuk DPRD Dompu lamban.

"Pansus tidak mampu menyelesaikan tugas-tugasnya sesuai waktu yang ditentukan," Ilham pada sejumlah wartawan di halaman gedung DPRD Dompu, Senin (20/04) pagi kemarin.

Pansus sudah beberapa bulan ini dihadapkan dengan masalah investor yang masuk di wilayah Kabupten Dompu. Belum lagi masalah lain yang diajukan beberapa LSM yang tak kunjung selesai diselesaikan Pansus.

Menurut Ilham, mekanismenya, untuk mempansuskan masalah-masalah yang diajukan tersebut seharusnya terlebih dulu ditangani dulu oleh Komisi. “Investor yang dianggap bermasalah harusnya dibahas dulu pada tingkat Komisi dan inventarisasi setiap investor yang ada, baru itu dinaikan ke Pansus,” ujar Ilham.

Hampir semua investor yang masuk di Dompu, terang Ilham, seperti PT SMS, PT STM dan PT AWB itu bermasalah. "Harusnya, dikerjakan secepat mungkin," tegasnya.

Keterlambatan Pansus DPRD mengurus masalah itu, dinilai Ilham, karena DPRD terlalu emosi dalam menanganinya sehingga molor, meski waktu kerja Pansus sudah mencapai 60 hari.

“Dalam aturan main dan regulasi batas waktunya sudah jelas pada Pansus, tidak ada alasan untuk molor seperti ini,” ungkapnya.

 

Baca Juga :


Untuk menyelesaikan masalah ini, Pansus DPRD harus melibatkan pihak yang membuka jalan dalam persoalan ini untuk membantu Pansus. Seperti ITK yang merupakan LSM yang mengajukan masalah ini untuk diselesaikan oleh Pansus.

Mantan anggota DPRD Dompu tersebut, menunggu untuk dilibatkan dan membantu Pansus. “Kami tunggu untuk dilibatkan,” ujar Ilham.

Sementara itu, Ketua DPRD Dompu Yuliadin S.Sos, ketika menanggapi masalah tersebut mengatakan, Pansus sudah diberikan perpanjangan waktu selama 3 bulan untuk menyelesaikan masalah-masalah yang ada. "Diusahakan dalam waktu tiga bulan semuanya akan terselesaikan," tandasnya.

Soal DPRD yang dinilai terlalu emosi dalam mengentaskan masalah, Bucek (panggilan akrab Yuliadin) mengatakan, itu hanya hal yang biasa yang muncul di lembaga politik. “Namanya juga lembaga politik, intrik-intrik, dinamika pasti muncul dan itupun sudah biasa. Yang jels Pansus akan tetap bekerja,” ujarnya pada wartawan.

Yuliadin menuturkan, sesuai hasil rapat, pihaknya akan melibatkan stakeholder di Kabupaten Dompu untuk membantu dan melengkapi data-data terkait bermasalah yang akan diselesaikan Pansus. () -01



 
KM, Woja/Saneo

KM, Woja/Saneo

sapedampoka@gmail.com/ Nama : Faruk Alamat : Desa Saneo PEkerjaan : Pelajar/Mahasiswa hp : 085934263461. Rekomendasi KM, Bali 1 Dompu Hidup adalah pilihan, maka pilihlah hidup mu sebelum pilihan menentukan hidup mu.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan