logoblog

Cari

Tutup Iklan

Jangan Naikkan Gaji Kadus

Jangan Naikkan Gaji Kadus

KM. Kaula. “Jangan Pedulikan Gaji Kepala Dusun (yang lebih dikenal dengan sebutan  Kadus), yang penting gaji Kepala Desa (alias Kades) yang

Pemerintahan

KM Kaula
Oleh KM Kaula
03 September, 2015 20:15:42
Pemerintahan
Komentar: 0
Dibaca: 58885 Kali

KM. Kaula. “Jangan Pedulikan Gaji Kepala Dusun (yang lebih dikenal dengan sebutan  Kadus), yang penting gaji Kepala Desa (alias Kades) yang Harus dinaikkan setinggi-tingginya, kalau boleh. karena kades itu punya beban yang besar untuk memajukan desa” Demikian usul Kadus Punikasi dalam rapat koordinasi dengan kepala desa pagi tadi di Kantor desa Masmas.

Lahirnya undang-undang No 6 tahun 2014 tetang Desa telah memberikan angin segar buat Desa-desa yang ada di Indonesia, terutama sekali Desa-desa yang agak terpencil dan sedikit terisolir, Karena Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014, telah memberikan ruang yang lebih luas kepada Desa untuk mengatur dan mengelola keuangan mereka sendiri, terutama yang terkait dengan konsekwensi dari Undang-undang nomor 6 tersebut yang sudah tentu akan dibarengi dengan bertambahnya anggaran yang akan diberikan untuk dikelola oleh Desa.

Sebut saja sebagai contoh Desa Masmas yang dulunya mendapat DD sebesar 104.941.663 kini bertambah menjadi 317.533.347 berarti ada penambahan sebesar 212.591. 684. ADD yang dulu Cuma sebesar 298.706.747 kini ditambah sebesar 411.857.802 sehingga menjadi 710.564.549. Begitu juga pajak dan retrebusi, semuanya bertambah, sehingga total keseluruhan dana yang diterima untuk tahun Anggaran 2015 ini, lebih kurang 1. 028.087.000, (satu milyar dua puluh delapan juta Sembilan puluh tujuh ribu rupiah). Demikian dijelaskan oleh Abdussalam Sekdes Desa Masmas yang pagi tadi mendampingi Kades memimpin rapat koordinasi dengan semua kadus, BPD dan Kader Posyandu se-desa Masmas, terkait ADD perubahan.

Dalam rapat tersebut sempat muncul beberapa usulan, pertama dari Dusun Punikasih, dengan sedikit tersenyum Pak Kadus yang bertubuh tembam dan berwajah brewok itu mengatakan, “….. mohon maaf pak kades dan sekdes, berbicara soal honor kadus, mohon jangan terlalu dipikirkan karena yang paling penting adalah honor Kepala Desa, karena bagaimanapun Kepala Desa mempunyai tanggung jawab yang jauh lebih besar, sehingga sangat wajar kalau diberikan honor minimal 5  juta perbulan, kalau Kadus, kesampingkan saja dulu”, Pak Kades  yang sudah tau kemana arah pembicaraan pak kadus Punikasih langsung menimpali dengan mengatakan, “ya, saya faham kenapa pak kadus Punikasih, usulkan itu, karena justru yang akan dipegang adalah 50 sampai 60% honor Kades itulah yang jadi honor kadus, itulah sebetulnya yang diharaf bahwa ketika honor Kades naik maka otomatis honor kadus juga naik”, peserta yang agak lambat ngelouding dari awal tertawa serentak.

Selanjutnya pak sekdes menjelaskan, “karena ini kita bahas tentang ADD perubahan maka yang jadi patokan adalah ADD itu sendiri, karena ketika kita anggarkan diawal,  yang jadi patokan kita adalah dana yang besarnya lebih kurang 400an juta, sementara sekarang sudah bertambah menjadi 1 milyaran lebih, maka mana pos-pos yang perlu ditambah, kita tambah. Dan pos yang kemarin tidak bisa kita anggarkan, kita anggarkan sekarang, tapi dengan satu catatan jangan keluar dari RPJMDes yang sudah kita susun bersama”.

Menanggapi penjelesan tersebut, Kadus Punikasih mengambil kesempatan pertama untuk mengusulkan, “Usul pak Kades dan hadirin, karena desa kita ini sudah dikenal dimana-mana sampai di Pusat bahkan Internasional sebagai Desa Wisata, hal ini terbukti dengan banyaknya pengunjung yang datang dari berbagai Negara pada bulan agustus kemarin yang selalu ada setiap hari bahkan hingga kini masih ada satu dua orang yang berkunjung, maka perlu diadakan penataan jalan, sehingga saya usul supaya jalan yang melintasi Desa Wisata Masmas, mulai dari Goak hingga Presak kita taruhkan deker sepanjang jalan kiri kanan untuk kita pakai menjadi pot tempat menanam bunga dan diantara deker tersebut kita Tanami pohon pale, sebagai pelindung dan penambah keindahan sekaligus sebagai karakteristik desa masmas.

 

Baca Juga :


 Karena  hal itu bisa mewakili kepentingan semua dusun se Desa Masmas, maka Kepala Desa, Sekdes, Stap dan semua peserta langsung menyetujui dan langsung menjadikannya sebagai prioritas kedua setelah pembuatan WC untuk warga di 11 dusun yang ada di Desa Masmas dengan rata-rata 15 unit per Kadus.

Pada kesempatan itu juga sempat diusul beberapa kepentingan Kadus dan Warga, mulai dari usulan pembangunan sekenam dirumah setiap kepala dusun, pembangunan siskamling disetiap dusun, pembukaan jalan penghubung antar dusun, pentaludan dan pengerasan jalan ditiap-tiap dusun dan lain sebagainya, termasuk usulan untuk mensuport sistim pendidikan yang ada baik fisik bangunannya maupun dukungan insentif untuk tenaga pendidiknya.

Semua usulan itu di rekap oleh sekdes untuk nantinya kemudian akan di padu padankan dengan RPJPDes dan RPJMDes juga RKPDesnya. Yang pasti semua usulan tersebut bertujuan demi kemajuan desa Masmas secara menyeluruh yang pada akhirnya mampu berimbas pada peningkatan kesejahteraan warga Desa Masmas. () -01

 



 
KM Kaula

KM Kaula

Habiburrahman, Koordinator Kampung Media Kaula E-mail habib_kemus@yahoo.com, Alamat Desa Mas-mas Kec. Batukliang Utara Kab. Lombok Tengah. FB. habib kemus.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan