logoblog

Cari

Tutup Iklan

Hate Speech Bungkam Kritikan Publik?

Hate Speech Bungkam Kritikan Publik?

Dompu – Kepala Kepolisian Resort Dompu Ajun Komisaris Besar Polisi Brury Soekotjo AP, S.IK., diruang kerjanya, Jum`at, (06/11) menghimbau kepada masyarakat

Pemerintahan

KM. Potu (KMP)
Oleh KM. Potu (KMP)
12 November, 2015 14:51:33
Pemerintahan
Komentar: 0
Dibaca: 2644 Kali

Dompu – Kepala Kepolisian Resort Dompu Ajun Komisaris Besar Polisi Brury Soekotjo AP, S.IK., diruang kerjanya, Jum`at, (06/11) menghimbau kepada masyarakat agar tidak sensitif dan negatif tinggi dengan lahirnya Surat Edaran (SE) Kapolri nomor SE/6/X/2015 tentang Penanganan Ujaran Kebencian (Hate Speech) yang ditanda tangani pada 8 Oktober 2015 lalu.

Lahirnya SE tersebut bukan upaya pemerintah untuk membungkam suara kritis masyarakat terhadap kinerja pemerintah, namun lebih kepada upaya untuk meminimalisir lahirnya konflik horizontal ditengah masyarakat akibat polemik yang terjadi di media sosial, kata Brury.

Dalam rangka penegakkan hukum misalnya dalam kasus pencemaran, fitnah dan provokasi di media sosial maupun cetak dan elektronik, Polri tetap mengacu pada UU yang ada, malah lahirnya SE tersebut dalam rangka untuk pemecahan masalah dalam kasus ujaran kebencian.

Brury kemudian mencontohkan, jika ada dua pihak yang bertikai dalam kasus ujaran kebencian, Polri tidak ujuk-ujuk menggunakan UU Pidana, namun dengan SE dimaksud bisa dijadikan ruang mediasi bagi kedua belah pihak.

 

Baca Juga :


Dirinya pun menampik bahwa dengan adanya SE Kapolri tersebut, dinilai oleh banyak pihak seperti kembali pada rezim Orde Baru. “Kalau ada yang komen bahwa SE mengembalikan aroma Orde Baru, maka itu salah besar” tegas Kapolres.

Kedepan, Polres Dompu akan melakukan sosialisasi kepada anggota terutama dalam penyelesaian masalah, sehingga tidak sampai melahirkan konflik sosial, ujar Brury. [] - 01



 
KM. Potu (KMP)

KM. Potu (KMP)

Lahir dan besar di Potu, Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat. Senang menulis apapun secara bebas. Email : miftahulyani@gmail.com. Hp. 087866921180. Terinspirasi oleh KM. Bali 1.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan