logoblog

Cari

Mewujudkan Persatuan dan Kesatuan NKRI

 Mewujudkan  Persatuan dan Kesatuan NKRI

Moyo Hilir_Inmas, Bertempat di Lapangan Polsek Moyo Hilir dalam kegiatan Apel Besar Kebhinekaan melalui Hikmah Hari Pahlawan 71 tahun 2016 ,dengan

Pemerintahan

H.DJOKO PITOYO,S.SOS
Oleh H.DJOKO PITOYO,S.SOS
23 November, 2016 19:04:39
Pemerintahan
Komentar: 0
Dibaca: 32983 Kali

Moyo Hilir_Inmas, Bertempat di Lapangan Polsek Moyo Hilir dalam kegiatan Apel Besar Kebhinekaan melalui Hikmah Hari Pahlawan 71 tahun 2016 ,dengan thema “Kita Tingkatkan Kesadaran dan Partisipasi Masyarakat Guna Mewujudkan Persatuan dan Kesatuan NKRI yang Kokoh di Wilayah Kabupaten Sumbawa”.,Selasa 22/11/2016. 

Hadir pada apel Kebhinekaan ini Kaplosek beserta Anggota, Danramil beserta anggota,Camat Moyo Hilir, Camat Moyo Utara , para Kepala desa lingkup Moyo Hilir,Moyo Utara,Kepada SKPD dan Guru SMP/MTs,SMA/MA diwilayah Kecamatan Moyo Hilir, Moyo Utara,Tokoh Masyarakat ,Tokoh Agama,Tokoh Pemuda,Tokoh Adat juga se wilayah Kecamatan Moyo Hilir .

Bertindak selaku Inspektur Upacara Camat Moyo Hilir, dan dalam sambutannya Ke Bhinekaan Indonesia merupakan suatu kekayaan yang tidak ternilai harganya , Kebhinekaan juga merupakan sebuah hal yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan bangsa Indonesia yang meliputi berbagai suku bangsa, bahasa, adat istiadat dan sebagainya , Kebhinekaan yang terjadi di Indonesia merupakan sebuah potensi sekaligus tantangan.

Dikatakan sebagai sebuah potensi,karena hal tersebut aka membuat bangsa kita menjadi bangsa yang besar dan memiliki kekayaan yang melimpah.Kebhinekaan Bangsa Indonesia juga merupakan sebuah tantangan dan ancaman, karena dengan adaya kebhinekaan tersebut mudah membuat penduduk Indonesia berbeda pendapat yang lepas kendali,mudah tumbuhnya perasaan kedaerahan yang amat sempit yang sewaktu bisa menjadi ledakan yang akan mengancam integrasi Nasional atau persatuan dan kesatuan.

 

Karena Indonesia terdiri dari begitu banyak suku,banyak pula tembok penghalang untuk memanfaatkan kebhinekaan yang ada menjadi suatu kekuatan dan bukan pemecah untuk dapat mencapai tujuan Negara Indonesia. Kebhinekaan juga harus dimaknai masyarakat melalui pemahaman multikulturalisme dengan berlandaskan kekuatan spiritualitas adalah bahwa masyarakat melihat perbedaan itu sebagai sebuah keragaman yang mempersatukan, menerima perbedaan sebagai sebuat kekuatan bukan sebagai ancaman atau gangguan, semua budaya , agama dan suku yang ada tetap pada bentuknya masing masing,

Yang mempersatukan adalah rasa nasionalisme kebangsaan sebagai Bangsa Indonesia yang memiliki ratusan budaya,adat istiadat dan kebiasaan. Kebhinekaan adalah tonggak pemersatu bangsa yang harus dipandang dengan kebanggan karena kita bisa terlepas dari paham primordialisme sempit menganggap RAS.Adat,Agama lain lebih rendah .

 

Baca Juga :


Oleh karena itu ,Camat menghimbau kepada seluruh peserta upacara juga kepada seluruh masyarakat Kecamatan Moyo Hilir untuk :

1. Sanggup menjaga dan memelihara keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia

2. Sanggup menjaga Kebhinekaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara

3. Tidak akan mudah terprovokasi oleh isu isu yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan

4. Sanggup menjaga dan memelihara keamanan dan ketertiban dalam masyarakat di Kecamatan Moyo Hilir

5. Senantiasa menjaga Toleransi dalam kehidupan sehari hari. Juga yang hadir dalam apel kebhinekaan menanda tangani deklarasi Kebhinekaan Cinta Damai sebagai berikut : Aparat pemerintah,bersama Tokoh Agama,Tokoh Masyarakat,Tokoh Adat,Tokoh Pemuda,LSM dan Ormas lainnya, menyatakan :

_

.................joko



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan