logoblog

Cari

Pemda Dompu Akan Bentuk PPID Desa

Pemda Dompu Akan Bentuk PPID  Desa

DOMPU, Kampung Media - Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu, dalam waktu dekat akan segera membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Tingkat

Pemerintahan

KM Ncuhi Saneo Woja
Oleh KM Ncuhi Saneo Woja
13 Juli, 2017 15:32:58
Pemerintahan
Komentar: 0
Dibaca: 9032 Kali

DOMPU, Kampung Media - Pemerintah Daerah Kabupaten Dompu, dalam waktu dekat akan segera membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Tingkat Desa. Hal ini dilakukan, merujuk kepada Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) nomor 14 tahun 2008 dan Undang-Undang Desa Nomor 6 tahun 2014 yang mengamanatkan pentingnya akselerasi keterbukaan informasi publik di desa serta menindaklanjuti Lounching Desa Inovasi pada acara desa Benderang Informasi Publik (DPIB) tingkat Provinsi NTB sebagai langkah awal pembentukan pejabat pengelola informasi dan dokumentasi di desa. Selain itu, juga merujuk kepada langkah awal Pemerintah Kabupaten Dompu yang telah membentuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Satuan Kerja Perangkat Daerah serta PPID Unit Layanan Bidang Pendidikan dan Kesehatan yang diperkuat melalui Peraturan Bupati (Perbub) Nomor 29 tahun 2012, tentang pedoman pengelolaan informasi dokumentasi dan telah diterbitkan Surat Keputusan (SK) Bupati nomor 422 tentang pembentukan PPID Utama. Langkah awal dalam membentuk PPID Desa ini, Pemda Dompu melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) mengadakan Workshop Bimbingan Tekhnis kepada seluruh Sekretaris Desa se-Kabupaten Dompu pada Selasa, (11/07/2017) lalu dan dihadiri langsung oleh Komisi Informasi Provinsi NTB. “Ini sebagai bentuk keseriusan pemerintah dalam usaha menambah kapasitas Sekdes, supaya pekerjaanya lebih berkualitas, khususnya dalam mengelola informasi di desa masing-masing. Pikirkan dan pertimbangkan terlebih dahulu manfaat dan maknanya, baru kita menyampaikan informasi itu kepada masyarakat,” kata Bupati Dompu, Drs H Bambang M Yasin dalam sambutannya. Bupati Bambang menjelaskan, mengelola informasi di tingkat desa tidak semudah yang dipikirkan. Namun, harus dilakukan berdasarkan prosedur aturan yang jelas, agar pemberi dan penerima informasi masing-masing memiliki tanggungjawab. “Kades dan Sekdes harus harmonis dalam membangun desa, begitu juga dalam menyampaikan informasi dan jangan saling menjatuhkan,” tegasnya. Bupati juga mengatakan, pengelolaan informasi yang menyalahi kewenangan dan prosedur PPID Desa, tentu akan ada sangsinya. “Tidak semua informasi disampaikan, ada pengecualian dan boleh dipublikasikan tapi ada waktunya,” ujarnya. (Faruk)

 

Baca Juga :




 
KM Ncuhi Saneo Woja

KM Ncuhi Saneo Woja

Nama : Faruk alamat : Desa Saneo Kecamatan Woja Email : sapedampoka@gmail.com No HP : 085205235696 Hargailah orang yang menghargai orang, maka orang akan menghargai orang yang menghargai orang.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan