logoblog

Cari

Tutup Iklan

Sosialisasi Teknologi Jajar Legowo Super REL di NTB

Sosialisasi Teknologi Jajar Legowo Super REL di NTB

Aplikasi paket teknologi merupakan kegiatan yang melibatkan antar peneliti dan penyuluh. Saat ini hubungan antara peneliti, penyuluh dan petani masih terbatas

Pemerintahan

Syamsul Riyadi
Oleh Syamsul Riyadi
31 Agustus, 2017 11:55:21
Pemerintahan
Komentar: 0
Dibaca: 15113 Kali

Aplikasi paket teknologi merupakan kegiatan yang melibatkan antar peneliti dan penyuluh. Saat ini hubungan antara peneliti, penyuluh dan petani masih terbatas dalam pelaksanaannya belum optimal. Sehingga, diperlukan dukungan kebijakan melalui kelembagaan dan pengembangan untuk memperkuat hubungan tersebut.

Kepala Balai Penyuluhan Pengembangan SDM Pertanian dan Perkebunan Prov. NTB Membuka Acara Sosialisasi RELBerkaitan dengan kondisi tersebut, maka diperlukan adanya dukungan kegiatan yang dilaksanakan untuk meningkatkan hubungan antara peneliti, penyuluh dan petani serta kelompoktani/gabung kelompoktani secara bersinergi melalui kegiatan aplikasi paket teknologi berupa teknologi jajar legowo super.

Kegiatan yang langsung dibuka langsung oleh Kepala Balai Penyuluhan Pengembangan SDM Pertanian dan Perkebunan Prov. NTB “H. Hendro Yulistiono” menyampaikan bahwa kegiatan sosialisasi aplikasi paket teknologi pada komoditas padi berupa teknologi jajar legowo super dalam mendukung swasembada pangan yang berkelanjutan di Aula BPPSDMPP (30082017).

Sekitar 30 peserta sosialisasi terdiri dari Penyuluh Provinsi, Penyuluh Kabupaten Lombok Barat, Koordinator BP3K (sekarbela, narmada, lingsar, lembar, gerung) dan peneliti BPTP NTB serta pelaku utama petani. Bukan hanya pada komoditas padi tetapi ada komoditas lain seperti jagung, kedelai, bawang merah, cabe, tebu dan daging perlu didukung untuk meningkatkan produktivitas akan kualitas dan kuatitas pertanian secara umum yang berdaya saing menuju kedaulatan pangan nasional ungkapnya.

Disampaikan oleh Bidang Program dan Evaluasi Pusat Penyuluhan Pertanian Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian Kementrian Pertanian “Bambang Agus Irianto” pelaksanaan aplikasi paket teknologi (research extension linkage) REL merupakan perpanduan antar peneliti, penyuluh dan petani dalam melakukan implementasi adopsi paket teknologi dalam meningkatkan produksi dan produktivitas pertanian khusunya pada pelaksanaan kaji terap yang akan di hasilkan kedepannya sebagai pemahaman dalam mengetahui paket teknologi yang direkomendasi sebelumnya.

Sehingga pemanfaat media berupa leafeid/brosur dan sebagainya dalam penyebarluaskan materi penyuluhan dapat dilakukan oleh penyuluh. Penyuluh sebagai teman setia petani sangat mudah menyampaikan dan menyebarluaskan materi ke petani dalam meningkatkan pendapatan ssejahteraan petani kedepan.

 

Baca Juga :


Paket teknologi jajar legowo super yang disampaikan oleh “Darwis” dari peneliti BPTP NTB bahwa jajar legowo super suatu sistem optimalisasi produksi padi sawah hasil inovasi balitbangtan yang mengimplemantasi teknologi budidaya padi secara terpadu berbasis cara tanam jajar legowo (jarwo 2:1).

Foto Peserta Sosialisasi REL di NTBAda beberapa komponen paket teknologi jajar legowo super yaitu menggunakan varietas unggul baru (VUB) potensi hasil tinggi, biodekomposer diberikan saat pengolahan tanah, pupuk hayati sebagai seed treatment dan pemupukan berimbang berdasarkan perangkat uji tanah sawah (PUTS), pengendalian OPT menggunakan pestisida nabati dan pestisida anorganik berdasarkan ambang kendali, serta alat mesin pertanian khususnya untuk tanam (jarwo transplanter) dan panen (combine harvester).

Perlu diketahui bahwa, pelaksanaan sosialisasi aplikasi paket teknologi ini bertujuan untuk menyesuaikan teknologi usahatani dengan kebutuhan dan kemampuan serta kondisi ekosistem petani diwilayah pelaksana kaji terap. Sehingga mempercepat penyebaran informasi paket teknologi pertanian yang telah direkomendasikan sesuai spesifik lokasi. Selain itu, mampun mewujudkan pemberdayaan petani dalam menerapkan inovasi teknologi dan sinergi antar peneliti, penyuluh dan petani dalam pengembangan dan penerapan inovasi teknologi.



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan