logoblog

Cari

Tutup Iklan

KIM Harus Mampu Mengenalkan Pariwisata

KIM Harus Mampu Mengenalkan Pariwisata

Dalam rangka peningkatan dan penguatan kapasitas KIM di Kabuapten Lombok Utara, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Lombok pembentukan Forum Kelompok

Pemerintahan

KIM Harus Mampu Mengenalkan Pariwisata

KIM Harus Mampu Mengenalkan Pariwisata

KIM Harus Mampu Mengenalkan Pariwisata

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
14 September, 2017 10:50:59
Pemerintahan
Komentar: 0
Dibaca: 770 Kali

Dalam rangka peningkatan dan penguatan kapasitas KIM di Kabuapten Lombok Utara, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Lombok mbentuk Forum Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) se Kabupaten Lombok Utara.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Diskominfo Kabupaten Lombok Utara, Kawit Sasmita, SH saat ditemui diruang kerjanya, Rabu (13/9). Untuk keberlangsungan KIM perlu ada Koordinasi dan Pembinaan. Sesuai tugas pokok dan fungsi Diskominfo. Kedepan KIM bisa sebagai corong penyebar informasi dari pemerintah pusat Maupun pemerintah daerah terkait dengan proses-proses yang berlangsung di pemerintahan,  informasi pembanguna oleh KIM yang telah dibentuk.

“Jadi KIM yang telah membuat blog dan akun media social bisa menyebarluaskan informasi. Kita di KLU telah membentuk sebanyak 20 KIM dan hari ini kami akan membentuk sebuah Forum, supaya KIM yang ada mudah berkoordinasi dengan anggota dalam sebuah forum.  Peran pemerintah dalam hal ini Kominfo  adalah untuk melakukan pembinaan terhadap KIM yang ada kedepan bisa memeberikan nilai tambah kepada pemerintah daerah dalam rangka destiminasi informasi,” ujar Sasmita.

Sasmita menegaskan juga, “bahwa harapan dari kegiatan ini pemerintah harus bisa juga mensuport mereka dengan keterbatasan sarana dan prasana yang dimiliki oleh KIM ini tidak mengendorkan semangatnya untk terlibat dalam proses mengembangkan dan membesarkan KIM

KIM selain bergelut dengan penyebaran informasi, bisa memberdayakan dirinya, mengembangkan potensi-potensi yang ada misalnya pengembangan UKM untuk pengembangan  usaha ekonomi kreatif bagi kelompoknya atau masyarakat disekitarnya kemudian KIM bisa menjembatani untuk pendampingan menginformasikan pemasaran dan promosi produk-produk secara online di dunia maya dengan media yang mereka miliki sehingga KIM mempunyai nilai tambah secara nilai ekonomis.

Baca Juga :


KIM juga harus mampu mempromosikan  KLU sebagai daerah dengan ikon Pariwisata, ambil bagian menyebarkan  informasi untuk memperkenalkan obyek-obyek dan fasilitas pariwisata KLU di seluruh daerah maupun luar daerah di Media Informasi dan media social yang mereka miliki.

“KIM harus mampu menjual informasilah dalam tanda kutip untuk ikut bagian membantu pemerintah dalam memperkenalkan onyek-obyek pariwisata di KLU, sehingga bisa memberikan nilai tambah kepada KIM tersebut, sehingga kelompok ini nantinya yang akan menfasilitasi tamu atau wisatawan yang ingin datang ke KLU,”ujar Kawit.

Kedepan diharapkan peran dan penguatan KIM dibidang penyebaran informasi dan pengembangan UKM dan pengenalan obyek pariwisata di KLU lebih ditingkatkan lagi. (Edy)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2017 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan