logoblog

Cari

Tutup Iklan

Pemkab Aceh Tamiang, Pelajari Keberhasilan Desa Lingsar

Pemkab Aceh Tamiang, Pelajari Keberhasilan Desa Lingsar

LOMBOK BARAT, KM. Desa Lingsar Kecamatan Lingsar-Lombok Barat (Lobar), belakangan menjadi pusat perhatian sejumlah daerah. Pasca keberhasilan Desa Lingsar sebagai juara

Pemerintahan

Pangkat Ali
Oleh Pangkat Ali
14 September, 2017 00:14:11
Pemerintahan
Komentar: 0
Dibaca: 1394 Kali

LOMBOK BARAT, KM. Desa Lingsar Kecamatan Lingsar-Lombok Barat (Lobar), belakangan menjadi pusat perhatian sejumlah daerah. Pasca keberhasilan Desa Lingsar sebagai juara pertama lomba desa di regional IV, desa ini sering dikunjungi sejumlah daerah. Salah satunya adalah, pemerintah kabupaten (Pemkab) Aceh Tamiang Provinsi Nanggo Aceh Darussalam (NAD). Rabu (13/9), desa yang berada di wilayah kecanatan bagian utara Lobar ini, mendapat kunjungan kehormatan dari bupati dan wakil bupati Aceh Tamiang beserta rombongan. Tim yang berjumlah puluhan orang ini disambut langsung oleh sekda Lobar, HM.Taufiq, M.Sc di Ruang Jayengrana, Lt.II Kantor Bupati Lobar di Giri Menang-Gerung.

Dalam arahan maksud dan tujuan kunjungan kerja (kungker) nya, Bupati Aceh Tamiang, H.Hamdan Syafei, ST menyatakan, personil kungkernya kali ini cukup lengkap. Dari wakil bupati, Asisten, sejumlah pimpinan SKPD, sejumlah camat dan kepala bagian dinyatakn hadir. Menurut Hamdan, inti dari kungkernya adalah, ingin menimba ilmu dari Desa Lingsar yang berhasil meraih juara satu lomba desa tingkat nasional tahun 2017. “Kunjungan kami tentu ingin membawa pulang sesuatu dari Lombok Barat,” katanya.

Sesuatu yang dimaksud bupati Hamdan adalah, ingin menimba ilmu tentang pengelolaan pemerintahan desa di desa Lingsar. Harapannya, pemkab.Lobar bisa memberikan informasi yang akurat, bagaimana tehnis dan koordinasi lintas sektor, sehingga desa Lingsar ini bisa sukses meraih juara pertama lomba desa tingkat nasional. Bahkan bupati yang kocak, humoris ini merasa terkesan tinggal di Lombok Barat. “Kalau bisa sampai week end saya mau tinggal di Lombok Barat, apalagi dengan penerimaan yang cukup meriah ini,” selorohnya yang kemudian disambut aplaus meraih seluruh hadirin.

Senada dengan bupati Hamdan, Bupati Lobar, H.Fauzan Khalid pun menyambut tim cukup meriah dan terhormat. Salah satu kemeriahan penyambutan disampaikan dengan menyusun sebuah pantun;

Bulanya terang, banyak bintang

Situasi yang indah menjadi obat

Rombongan bupati dari Aceh Tamiang

Orangnya ramah dan juga hebat

 

Baca Juga :


 

Menanggapi maksud dan tujuan kungker ini, bupati Fauzan Khalid berharap, agar pertemuan lebih akrab dan familiar, seluruh tim domohon untuk berkunjung ke Desa Lingsar. Kendati pada kesempatan yang sama, Kepala Desa (kades) Lingsar pun hadir.Bahkan di depan tim, kades diberikian kesempatan mempresentasekan keberhasilannya.

Namun sebelum itu, Sekda Lobar, HM.Taufiq memberikan pandangan, mengapa Desa Lingsar sukses menjadi juara. Kata sekda, seorang kepala desa menjadi juara, tentu ada komitmen dari kepala daerah. Apalagi Lobar punya jargon, baik dalam HUT ke 58 sampai hari ini, selalu mengatakan; Ayo Berprestasi. “Berprestasi di segala bidang, semua SKPD harus berinovasi, berprestasi yang bisa membanggakan daerah,” kata sekda.

Diakui sekda, sejak awal pihaknya memang sudah punya insting juara nasional. Karena sejak melakoni lomba di tingkat provinsi NTB, kades Lingsar tampil dalam mempresentasekannya sangat mumpuni. “Dia sangat percaya diri, termasuk ketika dia berhadapan dengan tim penguji di Jakarta, sama sekali tidak ada demam panggungnya,” puji sekda bangga.

Berbekal itulah, sekda optimis desa Lingsar berhasil meraih juara pertama. Itu diketahui sekda saat mendampingi kades ke Jakarta. Saat itu, tim tidak hanya sekedar bertanya soal pemerintah desa, tapi juga menyangkut sekda Lobar dan Asisten provinsi NTB. “Memang banyak sekali pertanyaan kala itu dan ditanyakan oleh pakar-pakar di bidang ekonomi pedesaan, termasuk dari perguruan tinggi. Bappenas dan lain-lain,” sebut Sekda. Usai kungker, dilanjutkan dengan pertukaran cenderamata kedua daerah.



 
Pangkat Ali

Pangkat Ali

Save Our Gumi Paer...LOMBOK Lalu Pangkat Ali, kesehariannya sebagai ASN -Pejabat Fungsional Pranata Humas Permkab.Lobar. Tinggal di Desa Kopang-Lombok Tengah. CP & WA: 081907941070. Fb: Fotografer Kopang & Eliza Agniya

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2017 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan