logoblog

Cari

Penguatan Sistem Pengelolaan Keuangan Negara dan Daerah

Penguatan Sistem Pengelolaan Keuangan Negara dan Daerah

KMBOLO.COM—Walikota Bima H M Qurais H Abidin membuka secara resmi sosialisasi pengelolaan keuangan Negara dan Daerah di Aula Kantor Walikota Bima,

Pemerintahan

KM Bolo
Oleh KM Bolo
06 November, 2017 08:42:13
Pemerintahan
Komentar: 0
Dibaca: 20232 Kali

KMBOLO.COM—Walikota Bima H M Qurais H Abidin membuka secara resmi sosialisasi pengelolaan keuangan Negara dan Daerah di Aula Kantor Walikota Bima, Selasa (31/10) lalu. Sosialisasi dihelat oleh Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah Nusa Tenggara Barat Resor Bima Kota bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Pajak Nusa Tenggara Barat Kantor Pajak Pratama Raba-Bima. Peserta sosialisasi berasal dari seluruh unsur pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan unsur bendahara OPD Pemerintah Kota dan Kabupaten Bima.

            Walikota Bima mengatakan, sosialisasi pengelolaan keuangan negara/daerah ini, banyak pihak yang ikut melakukan pendampingan dalam pengelolaan keuangan daerah. Di antaranya, Kejaksaan Negeri Bima melalui Tim Pengawal, Pengamanan Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D), Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan NTB, serta Pengadilan Negeri Raba-Bima yang dituangkan dalam pakta integritas yang ditandatangani bersama bulan lalu.

            Sebelumnya, pada 17 Juli 2017 lalu, tim koordinasi dan supervisi pencegahan korupsi KPK RI juga hadir di Kota Bima untuk memberikan pembinaan dan pendampingan dalam kegiatan penyusunan rencana aksi pemberantasan korupsi terintegrasi di lingkungan Pemerintah Kota Bima.

            Dia menjelaskan, bahwa untuk pencegahan dan pemberantasan korupsi, diperlukan tiga prakondisi—yaitu komitmen, sistem dan integritas para pelaksana. “Ketiga hal ini harus ada dan saling menopang. Kehilangan salah satunya saja, maka akan menyebabkan upaya pemberantasan korupsi terintegrasi tidak berjalan,” kata Walikota.

 

Baca Juga :


            Pemerintah Kota Bima telah menerbitkan keputusan Walikota Bima Nomor 169 Tahun 2010 tentang pembentukan tim satuan tugas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Kota Bima. Langkah ini merupakan bagian dari upaya untuk mewujudkan pengelolaan keuangan daerah yang akuntabel serta komitmen dan penguatan sistem.

            Selain itu, pengawasan intern yang dilakukan oleh pimpinan daerah, inspektorat dan kepala SKPD terus diperkuat. “Saya menekankan bahwa pengawas internal yang paling utama dalam SKPD adalah pimpinan SKPD tersebut, namun staf juga harus melakukan pengawasan terhadap pimpinannya. Ada kondisi saling mengingatkan untuk menghindari kesalahan-kesalahan dalam proses administrasi maupun pertanggungjawaban keuangan,” tegas Walikota.(adi)



 
KM Bolo

KM Bolo

Koordinator: SURYADIN Alamat : Jl. Lintas Sumbawa No.53 Desa Rasabou Kecamatan Bolo Kabupaten Bima Prov. NTB Admin: Agus Setiawan (082339467728) email:kmbolo@ymail.com Kontak Person: 085-25332-3535 ANGGOTA: Didin, Buhari, Rahmi, Can

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan