logoblog

Cari

Bupati Dompu : Bendahara Desa Tak Boleh Diganti

Bupati Dompu : Bendahara Desa Tak Boleh Diganti

Dompu, Kampung Media NTB - Bupati Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat, H Bambang M Yasin., menegaskan kepada seluruh kepala Desa untuk

Pemerintahan

KM Ncuhi Saneo Woja
Oleh KM Ncuhi Saneo Woja
08 Januari, 2018 12:44:16
Pemerintahan
Komentar: 0
Dibaca: 15152 Kali

Dompu, Kampung Media NTB - Bupati Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat, H Bambang M Yasin., menegaskan kepada seluruh kepala Desa untuk tidak mengganti Bendahara Desa yang berkompeten pada bidangnya. Apalagi, saat ini hampir semua bendahara desa telah mengantongi sertifikat kompetensi dari Badan Pengelolaan Keuangan Provinsi. 

Penegasan tersebut disampaikan Bupati Dompu kepada 33 Kepala Desa yang terpilih dalam Pilkades serentak 2017 pada moment pelantikan di Komplek Pendopo Dompu, Jumat (05/01/2018) pekan lalu.  Kata dia, pergantian perangkat desa menjadi hal lumrah yang dilakukan oleh kepala desa terutama kepala desa yang baru. Hanya saja, perlu diperhatikan yang berkompeten. 

"Tidak boleh mengganti bendahara Desa, Kalaupun diganti, penggantinya harus memiliki kopetensi yang sama. Sebab semua bendahara desa itu, memiliki kopentensi dibidang pengelolaan keuangan dari BPKP," tegasnya pada wartawan. 

Dikatakannya, jika kepada desa ngontot untuk mengganti bendaharanya, maka harus berkoordinasi dengan BPKP dan akan muncul indikasi kepala desa bermain-main dengan anggaran yang dikelolanya. Disamping itu, penggantian Bendahara Desa yang tanpa kopetensi di bidangnya, justru akan menghambat proses pembangunan di desa, sebab bendahara itu akan belajar lagi dari nol.

 

Baca Juga :


"Jika hanya karena kepentingan jangan dilakukan, karena suksesnya pengelolaan anggaran itu ada pada orang yang berpengalaman," ujarnya. 

Selain itu lanjut Bupati, pergantian para staf desa lainnya juga harus dilakukan berdasarkan kebutuhan. "Jangan karena dukungan politik, yang tidak memiliki kemampuan ikut ditarik menjadi staf. Semua harus mempertimbangkan SDM," tegasnya. (Faruk)



 
KM Ncuhi Saneo Woja

KM Ncuhi Saneo Woja

Nama : Faruk alamat : Desa Saneo Kecamatan Woja Email : sapedampoka@gmail.com No HP : 085205235696 Hargailah orang yang menghargai orang, maka orang akan menghargai orang yang menghargai orang.

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan