logoblog

Cari

Tutup Iklan

Sukses Dislutkan NTB Untuk Program 2017

Sukses Dislutkan NTB Untuk Program 2017

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB (Dislutkan) di tahun 2017 sukses menjalankan berbagai program. Program-program tersebut di antaranya Penataan Ruang Laut,

Pemerintahan

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
21 Februari, 2018 12:57:43
Pemerintahan
Komentar: 0
Dibaca: 2363 Kali

Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB (Dislutkan) di tahun 2017 sukses menjalankan berbagai program. Program-program tersebut di antaranya Penataan Ruang Laut, Peningkatan produksi dan kualitas produksi kelautan dan perikanan, Pemberdayaan Masyarakat Perikanan dan Pengawasan Sumberdaya Perikanan.

Lebih jauh, Kadis Dislutkan NTB, Ir. Lalu Hamdi, M.Si. menjelaskan, pada tahun 2017 program penataan ruang laut ditetapkan sebagai peraturan daerah nomor 12 tahun 2017. NTB menjadi salah satu dari 4 provinsi di Indonesia yang berhasil membuat perda tersebut. Ke empat provinsi tersebut anatara lain, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, NTT, dan NTB.

“Banyaknya pihah-pihak yang ingin memanfaatkan ruang dan potensi sumberdaya kelautan dan perikanan, sehingga kita susun Peraturan Daerah (Perda) penataan ruang laut,” jelas Kadis Hamdi kepada Tim Media Kominfotik NTB (7/2).

Sementara itu, peningkatan produksi dan kualitas produksi kelautan dan perikanan dilakukan melalui peningkatan sarana usaha perikanan. Hal tersebut disalurkan melalui paket bantuan penangkapan ikan maupun budidaya perikanan. 

Capaian lainnya berupa, terealisasikan berbagai target peningkatan produksi perikanan provinsi NTB. Dislutkan juga memberikan bantuan revitalisasi tambak rakyat berupa pembangunan saluran tambak dan pemberian alat berat berupa excavator kepada kelompok petani tambak. Hingga tahun 2017, luas lahan tambak yang telah direvitalisasi oleh Dislutkan mencapai 1000 Ha.

“Kini para petani tambak bisa mendapatkan keuntungan 50 sampai 60 juta setiap tahunnya berkat revitalisasi ini,” jelasnya.

Dislutkan juga memberikan Kartu nelayan sebagai bentuk penghargaan pemerintah terhadap profesi nelayan. Hal ini diharapkan dapat menjadi materi kongkret proses pemberdayaan nelayan dalam pengelolaan sumberdaya perikanan dan kelautan.

 

Baca Juga :


Selain itu pada tahun 2016 - 2017 Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB juga telah menyalurkan Bantuan Premi Asuransi Nelayan (BPAN) kepada 21.145 orang nelayan kecil. Disamping itu untuk pemberdayaan nelayan pemerintah juga memberikan Sertifikasi Hak Atas Tanah Nelayan (Sehat Nelayan) dan Sertifikat Hak Atas Tanah pembudidaya ikan (Sehat-Kan), hal ini dimaksudkan untuk memberikan fasilitasi akses penguatan hak berupa sertifikasi tanah kepada nelayan kecil dan pembudidaya ikan.

Konsumsi  ikan masyarakat NTB tahun juga mengalami peningkatan di tahun 2017 sejumlah 5 %. Dari 32,35 kg/kapita/tahun di tahun 2016 menjadi 33,97 kg/kapita/tahun di tahun 2017. Oleh karena itu Dislutkan akan terus gencar mensosialisasikan dan mengkampanyekan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan yang disingkat menjadi GEMARIKAN. 

Untuk tahun 2018, Dinas Kelautan dan Perikanan masih fokus pada pencapaian target kinerja yang telah ditetapkan pada Rencana Strategis Dinas Kelautan dan Perikanan Tahun 2013 – 2018.

“Kami akan tetap melanjutkan dan menyempurnakan capaian program kerja tahun 2017 yang lalu.  Sesuai dengan target kinerja RPJMD Provinsi NTB tahun 2013 – 2018,” tegasnya.



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan