logoblog

Cari

Dari Cerita Dukun, Hingga Inovasi Kampung

Dari Cerita Dukun, Hingga Inovasi Kampung

Satu hari sebelum acara sambung rasa Kampung Media bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika Pusat di Hotel Lombok Garden, Mataram dan Dinas

Pemerintahan

Ahyar ros
Oleh Ahyar ros
06 Maret, 2018 21:08:04
Pemerintahan
Komentar: 0
Dibaca: 7463 Kali

Satu hari sebelum acara sambung rasa Kampung Media bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika Pusat di Hotel Lombok Garden, Mataram dan Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik NTB (6 Maret 2018). Sebuah pesan singkat masuk ke perangkat handphone android saya. Selang dua menit kemudian, saya mendapat panggilan dari kepala Kampung Media, Fairus Abadi. Dalam obrolan singkat ini, kepala Kampung Media NTB ini meminta saya untuk menjadi salah satu narasumber sekaligus berbagi bercerita mengenai manfaat aktif di Kampung Media. Tanpa berpikir panjang, saya mengiyakan perintah itu.  

Tadi siang, tepatnya di Lombok Garden. Bersama dua orang perwakilan komunitas Kampung Media kami berjumpa dan berbagi cerita pada Direktur Pelayanan Penyediaan dan Informasi pusat, dan kepala Dinas Diskominfotik NTB, Tri Budiyatno, dan akademisi NTB. Ada banyak yang kami cerita tentang komunitas Kampung Media, salah satunya mengenai pengengalaman berkomunitas, hingga pelajaran berharga bersama Kampung Media. Untuk kisah berbagi, saya pertama diminta bercerita tentang pengalaman di Kampung Media, namun yang paing ditekan pada saya adalah dampak positif yang saya dapatkan dari Kampung Media.

Salah satu yang saya ceritakan adalah berkat menulis Kampung Media mendapat beasiswa S2 di Insitut Pertanian Bogor. Berbeda dengan  teman saya Asri (kampung Media), Sambi Elen, Lombok Utara berkisah tentang berkah dan hingga menjadi dukun panggilan, dan menuai pelatih Rudat (kesenian lokal di Lombok) di Bali. Semuanya itu berkat di Kampung Media. Asri bercerita, di portal Kampung Media, ia banyak menulis tentang sejarah dan peninggalan masa lampuu hingga kesenian lokal (rudat) di kampungnya.

Berkat tulisan-tulisan ini Asri banyak mendapat undangan  untuk menjadi pelatihan kesenian rudat di Pulau Dewata. Tak hannya itu, suatu hari ia pernah di telpon oleh ibu-ibu yang berasal dari Kalimantan dan BaIi untuk mengobati orang sakit. “Singkatnya saya dianggap dukun, yang bisa mengobati orang sakit. Mulanya saya ragu mau mengobati, tapi saya minta pendapat ke kepala Kampung Media. Karena pak Fairus menyarakan saya untuk mengobati dan cukup dengan bacaan fatihah, saya pun mendadak jadi dukun.” Cerita Asri, Gerrr… sontak terdengar suara ketawa perserta yang hadir dalam ruangan berukuran 17 kali 4 meter persegi itu.

Usai ketawa teringgal-pingkal, Asri berkisah lagi berkat tulisannya di Kampung Media membuat ia kerap dihubunggi TV Nasional untuk meliput kegiatan-kegiatan adat dan kisah suksesnya bersama Kampung Media. Ia tak peranh menyangka, kalau tulisannya di Kampung Media menuai berkah.

Selain Asri, kepala Kampungg Fairus Abadi menambahkan sejak mula munculnya Kampung Media di Nusa Tenggara Barat (NTB). Geliat warga di Kampung Pagutan, Mataram akrab dengan budaya bertutur membuatnya terinspirasi untuk mengajak warga beranjak ke budaya menulis. Bersama teman-teman blogger yang waktu itu di Mataram, pria yang akrab di sapa Abu Macel ini menginisiasi berdirinya Kampung digital. Ide kreatif ini disambut baik baik pemerintah Nusa  Tenggara Barat (NTB) untuk dijadikan satu program terobosan yang mendekatkan pemerintah dengan warga kampung di NTB.

“Gayung bersambut, waktu itu pak Badrul Munir (wakil Gubernur NTB) menyambut baik niat Kampung Media ini. Karena ide Kampung Media ini dianggap bagus dan kreatif. Maka Kampung Media dijadikan sebagai program terobosan Dinas Kominfo NTB.” Cerita Fairus pada peserta yang hadir dalam acara obrol bareng tersebut.  Hingga kini Fairus menjadi kepala Kampung Media NTB.   

Lebih lanjut Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik NTB, Tri Budiyitno menambahkan, dua selang dua tahun berjalan menyabet penghargaan. Pada akhir Desember  2011 Kampung Media mendapatkan USO Award dari KEMENKOMINFO RI dan dari ditambah lagi Kampung Media terpilih sebagai salah satu dari 9 Inovasi Top Nasional oleh KEMENPANRB pada 3 April 2014. “Kampung Media mendapat penghargaan ini, karena dianggap sebagai program Pemerintah Nusa Tenggara Barat (NTB) dalam penyebaran informasi ke masyarakat NTB dari ujung Sape (Bima), hingga Ampenan (Kota Mataram).” Tambah pria yang biasa kami sapa Mas Yiyit ini.

 

Baca Juga :


Selain pejabat pusat Kemenkominfo hadir pula akademisi NTB Mujadid Muhas. Dalam perjumpaan tersebut, Mujadid Muhas memberikan tiga pandangannya ke Kampung Media NTB antara lain, inovasi, inisiasi dan inspirasi. “Tiga catatan ini menjadikan Kampung Media pantas disebut sebagai tahap etape perubahan. Artinya Kampung Media telah menjadi bagian dari penyerabaran informasi publik di NTB.”

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Pengolahan dan Penyediaan Informasi, Selamata Sembiring menyampai kekagumannya pada Kampung Media. Dalam penyampaian singkatya ia memberikan rekomendasi berkelanjutan pada Kampung Media. Sebelum menutup acara ia  memberikan rekomendasi pada Kampung Media, pertama, penguatan Kampung Media dari sisi jumlah komunitasnya, kedua, komunitas Kampung Media harus dibekali dengan penguatan dalam bidang bahasa Inggris dan marketing, ketiga Kampung Media di nasionalisasi ke semua daerah di Indonesia.

Sebelum menutup obrolan bersama Kampung Media ini direktur  yang akrab di panggil Selamata Sembiring ini berpesan “Semoga apa yang kita diskusikan ini menjadi pelajaran bermakna dan ke depan Kampung Media menjadi medianya warga Indonesia yang mampu menghadirkan informasi-informasi bermakna untuk kita.” Pesannya.

Pesan tersebut menutup acara obrol bareng ini. Usai dialog, bersama Asri, kepala Kampung Media, Mas Yiyit, dan direktur Pengolahan dan Penyediaan Informasi  Selamata Sembiring kami sambung dengan kisah Asri anak Kampung Media dengan ceritanya dukun dan inovasi-inovasi Kampung Media. (Ahyarros).

 



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan