logoblog

Cari

Tutup Iklan

Kemenkominfo Kian Serius Menasionalisasi Kampung Media

Kemenkominfo Kian Serius Menasionalisasi Kampung Media

Keberadaan portal Kampung Media saat ini kian dilirik oleh Kementerian Kominfo. Setelah sempat beberapa kali berkunjung ke Provinsi NTB, Menteri Kominfo

Pemerintahan

Aan Harmiawan
Oleh Aan Harmiawan
07 Maret, 2018 08:00:11
Pemerintahan
Komentar: 0
Dibaca: 9758 Kali

Langkah Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia kian serius menjadikan Kampung Media sebagai program nasional. Direktorat Jendral Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) menurunkan Tim datang ke Provinsi NTB.

Tim dipimpin langsung Direktur Layanan Informasi Internasional Drs. Selamatta Sembiring, MSi menggelar Focus Group Dicussion (FGD) di Mataram, Rabu 08 Maret 2018. FGD ini dimaksudkan untuk mengetahui tentang Kampung Media yang telah mendapat respon dari Menkominfo Rudiantara. “Kami ingin mengetahui langsung tentang Kampung Media sebagai bahan laporan kami kepada pimpinan,” kata Sembiring.

Selain dari Tim Kemenkominfo, diskusi itu dihadiri juga Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Provinsi NTB Tribudi Prayitno, Kepala Kampung Media Fairuzzabadi, Deddy Mujaddid Muhas unsur Akademisi dan dua orang dari Komunitas Kampung Media yakni Ahyar Rosidi dan Asri.

Tribudi menjelaskan ketertarikan Menkominfo Rudiantara tentang Kampung Media, berawal dari kunjungan kerjanya ke NTB pada Januari 2017, hingga Rudiantara menuliskan catatan tangannya yang berisi “Indonesia Butuh Kampung Media”

Demikian juga Fairuz, sang penggagas kampung media ini kian lugas menceritakan hulu hilir serta suka duka mengawal program yang sudah berjalan hampir 10 tahun.

Dalam pandangan akademik, Mujaddid Muhas menilai bahwa kampung media mengembangkan peradaban masyarakat NTB melalui Inovasi, Inisiasi dan Inspirasi, sehingga kampung media dikatakan sebagai “Inovasi Zaman Now”

 

Baca Juga :


Dua orang dari anggota komunitas membagi pengalamannya. Ahyar mengatakan, kampung media tal sekadar manfaat namun meningkatkan kepercayaan dirinya di tengah masyarakat. “Masyarakat makin percaya dengan kami karena karena menulis tentang kegiatan mereka.” Jelasnya.

Juga Asri, ia telah memperoleh berbagai pengakuan baik yang resmi maupun langsung dari masyarakat hingga iapun mengaku menjadi “dukun dadakan” karena telah menuliskan sebuah kisah mitologi di kampung media.

Mendengar pemaparan ini, Selamatta Sembiring mendapatkan gambaran tentang Kampung Media. Ia menilai bahwa program ini layak dikembangkan ke seluruh nusantara. Karena itu ia membagi tiga langkah rekomendasi yakni Revitalisasi, Replikasi kemudian Nasionalisasi. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah strategi dalam menyiapkan anggaran pada tahun 2018 ini. “Ketiga langkah alternatif ini akan kami lapor ke pimpinan.” Tegasnya. (ahn/ga)

 



 
Aan Harmiawan

Aan Harmiawan

Lahir di Mataram bertepatan dengan HUT Provinsi Bumi Gora Nusa Tenggara Barat, ingin mencoba menggapai sebuah cita dengan imajinasi yang tertuang dalam media digital. Belajar dan terus belajar!

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan