logoblog

Cari

Tutup Iklan

Akhirnya Disos Memberikan Data Rasta 2017

Akhirnya Disos Memberikan Data Rasta 2017

Setelah di tunda beberapa kali, sidang sengketa informasi terkait Data Penerima Raskin Desa Ranggagata tahun 2017 yang disengketakan oleh Sakban akhirnya

Pemerintahan

Hamjah Diha
Oleh Hamjah Diha
08 Maret, 2018 11:02:05
Pemerintahan
Komentar: 0
Dibaca: 4845 Kali

Setelah di tunda beberapa kali, sidang sengketa informasi terkait Data Penerima Raskin Desa Ranggagata tahun 2017 yang disengketakan oleh Sakban akhirnya disidangkan. Sidang dengan nomor : 001/KINTB/PSI-REG/I/2018 tersebut, dipimpin oleh Hendriadi, SE., ME, dan masing-masing anggota majelis sidang Ajeng Roslinda Motimori, S.Pt, dan Drs. Muhammad Zaini, sedangkan panitra penganti adalah Tarmizi.

Sidang tersebut diawali dengan pemeriksaan surat kuasa yang dikuasakan oleh dinas sosial Lombok Tengah. Dinas Sosial Lombok Tengah memberikan kuasa kepada Dede Stabitul selaku kasi penanganan fakir miskin. Setelah dilakukan pemeriksaan surat kuasa, majelis sidang memulai masuk pada substansi sidang.

"Apakah saudara pernah menerima surat dari pemohon," tanya Hendriadi kepada termohon.

Sidang berlangsung alot. Termohon tegas tidak memberikan data sebagaimana yang diminta oleh pemohon, sebab menurutnya data tersebut bukan milik dinas sosial Lombok Tengah.

"Kami hanya pengguna, jadi kalau ada masyarakat yang meminta data tersebut kami harus koordinasikan terlebih dahulu ke menteri sosial," jelas Dede Stabitul selaku pemegang mandat dinas sosial Lombok Tengah tersebut.

Dan juga, lanjut Dede bahwa informasi yang diminta oleh pemohon tersebut adalah informasi yang dikecualikan.

Dinas Sosial Lombok Tengah telah berkoordinasi dengan kementerian Sosial, namun tetap tidak diberi ijin oleh dinas kementerian sosial terkait hal itu.

"Sudah beberapa kali kami melakukan konfirmasi, namun kementerian tetap tidak mengijinkan untum dipublikasikan kepada masyarakat," lanjutnya.

Lain halnya dengan Sakban selaku pemohon. Menurutnya bahwa data tersebut adalah informasi publik, jadi harus di publikasikan ke publik.

 

Baca Juga :


"Menurut kami bahwa informasi ini (yang disengketakan) adalah informasi publik, jadi wajib pemerintah dalam hal ini dinas sosial Lombok Tengah memberikan data itu kepada siapapun yang memintanya," jelas Sakban

Terkait dengan informasi yang dikecualikan, salah satu anggota majelis sidang mengkonfirmasi tentang dasar hukum terkait  informasi yang dikecualikan tersebut.

"Bagaimana bapak melakukan kebijakan sementra bapak tidak pernah memengang MOU tersebut," anggota majelis Ajeng melakukan konfirmasi kepada termohon

Sidang dilanjut dengan mediasi. Mediasi dipimpin oleh Najamuddin Amy. Setelah dilakukan mediasi beberapa saat kemudian, maka pihak termohon memberikan data rasta tahun 2017 by name by anddres tersebut kepada pihak pemohon.

Keputusan langsung dibacakan oleh Hendriadi selaku ketua majelis pada hari Rabu, 7 Maret 2018.

 

(HD & MAN)



 
Hamjah Diha

Hamjah Diha

Adalah warga kampung Diha-Sie Kecamatan Monta Kabupaten Bima. https://hamjahdiha.or.id dan https://hamjahdihafoundation.blogspot.co.id

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan