logoblog

Cari

Tutup Iklan

Sosialisasi Penyusunan Disagregasi PMTB

Sosialisasi Penyusunan Disagregasi PMTB

SUMBAWA BARAT-KOMINFO. Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sumbawa Barat menggelar sosialisasi dan koordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemda KSB

Pemerintahan

Feryal Mukmin Pertama
Oleh Feryal Mukmin Pertama
30 Maret, 2018 18:50:01
Pemerintahan
Komentar: 0
Dibaca: 6834 Kali

SUMBAWA BARAT-KOMINFO. Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sumbawa Barat menggelar sosialisasi dan koordinasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Lingkup Pemda KSB dalam rangka penyusunan disagregasi Pembentukan Modal Tetap Bruto (PMTB), di ruang pertemuanh Kedai Sawah Kompleks Kemutar Telu Center, Rabu (28/3). Sosialisasi Survei PMTB tersebut adalah sebuah survei untuk mengukur tingkat investasi di suatu wilayah.

Acara resmi dibuka oleh Sekda KSB, H. A. Azis, S.H, M.H. Dalam sambutannya pada acara yang dikemas dalam bentuk diskusi panel/formal tersebut mengatakan, Pemerintah melalui Peraturan Presiden RI Nomor 79 Tahun 2017 tentang Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2018, prioritas nasional adalah pengembangan dunia usaha dan pariwisata. Output dari Program prioritas tersebut yakni perbaikan Iklim investasi dan terciptanya lapangan kerja. "Data-data BPS ini sangat menarik dan sangat dibutuhkan oleh banyak pihak, untuk dapat mengetahui sejauh mana investasi ini memegang peranan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sehingga angka kemiskinan akan turun, selain itu data PMTB juga menjadi sebuah alat ukur untuk mengevaluasi kontribusi investor dalam capaian pembangunan secara periodik. Dari survey tersebut akan dapat diketahui beberapa indikator mengenai investasi menurut institusi, lapangan usaha bahkan jenis komoditi. data-data yang dimiliki BPS sangat diperlukan oleh pemerintah sebagai pemangku kebijakan, dengan data yang diberikan oleh BPS nantinya pemda KSB lebih mudah untuk menyasar sektor mana saja yang diprioritaskan oleh pemerintah"jelasnya.

Kepala BPS KSB, Ir. Muhammad Ahyar dalam sambutannya pada sosialisasi yang diwakili oleh seluruh OPD lingkup Pemda KSB ini mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah agar informasi dan data PMTB lebih akurat, sehingga pemerintah juga dapat mengetahui bagaimana investasi di berbagai sektor, hal ini juga akan mendorong investor untuk berinvestasi di wilayah KSB. Dengan adanya data yang valid maka rencana pembangunan akan terlaksana dengan baik" ringkasnya.

Materi diskusi diisi oleh Asisten Administrasi Umum, Dr. Ir. H Amry Rakhman, M. Si yang menyampaikan materi tentang perkembangan ekonomi di KSB dan Kabid NWAS BPS Prov NTB, Ir. I Gusti Lanang Putra pada materi Tekhnik Survey. Acara diskusi tersebut dimoderatori oleh Kepala BPS KSB Ir. Muhammad Ahyar.

Dalam penyampaian materinya Dr. Ir. H. Amry Rakhman, M. Si menjelaskan secara rinci tentang perkembangan ekonomi disegala bidang serta potensinya, seperti wilayah administratif, luas lahan, luas lautan/perairan, pendidikan, tingkat kemiskinan, pendapatan per kapita, pertanian, kehutanan dan lain sebagainya.

 

Baca Juga :


Sementara itu, Kabid NWAS BPS Prov NTB, Ir. I Gusti Lanang Putra menyampaikan, bahwa inti dari semua potensi di KSB tersebut adalah membutuhkan investasi, karena dengan investasi maka perekonomian akan tumbuh sehingga kesejahteraan masyarakat dapat dicapai. "Dengan adanya survey ini harapan kami adalah kita akan memiliki base data yang cukup baik dan valid. Kalau data kita valid maka investasi yang akan dilakukan menjadi terarah dan ekonomi akan berkembang kearah yang lebih baik",jelasnya.

Foto : Rangga S Pratama



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan