logoblog

Cari

Tutup Iklan

Sosialisasi Pengelolaan Data dan Informasi Desa

Sosialisasi Pengelolaan Data dan Informasi Desa

Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) yang berada dibawah kementerian Desa, Pembangunan Daerah tertinggal dan Transimigrasi menyelengarakan sosialisasi peningkatan mutu pengelola data

Pemerintahan

Lilwalidaini ihsan
Oleh Lilwalidaini ihsan
12 April, 2018 22:03:59
Pemerintahan
Komentar: 0
Dibaca: 1921 Kali

Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) yang berada dibawah kementerian Desa, Pembangunan Daerah tertinggal dan Transimigrasi menyelengarakan sosialisasi peningkatan mutu pengelola data dan informasi desa yang berlangsung di hotel Aston Mataram, 12/4/18.

Turut hadir Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Tri Budiprayitno sekaligus menjadi narasumber pada kegiata tersebut. Dalam kesempatannya memaparkan didepan para peserta sekitar 60 orang dari Pusdatin.  Pertama yang disampaikan terkait pengelolaan data desa mengingat nawacita dari pemerintahan Joko Widodo sebagi presiden Republik Indonesia yaitu membangun indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

Lebih lanjut Kominfotik sendiri sebagai dinas baru lingkup provinsi masih banyak kekurangan dari segi sumber daya manusianya dengan kemampuan terbatas, tapi mampu beradaptasi denga yang lain menunjukan kemampuan dalam pengelolaan data dan informasi. “Alhamdulillah NTB menjadi salah satu dari 3 yaitu Gorontalo dan Kepri, di 34 provinsi bisa menetapkan perda tata kelola pemerintah daerah berbasis elektronik,”Jelas Budi.

Selanjutnya Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintah Desa, Kependudukan dan Pencacatan Sipil NTB Dr.H.Ashari, SH, MH,  menjelaskan dalam pengentasan kemiskinan Penguatannya melalui keuangan dari bumdes namun yang aktif kurang lebih 500 kurang lebih, hal ini yang sangat perlu dikembangkan dalam pemerataan ekonomi di desa. “Menurutnya dalam pengentasan kemiskinan tidak cukup dalam undang-undang desa tapi perlu ada regulasi atau kebijakan  yang diatur dalam undang-undang tentang kemiskinan yang sipatnya secara umum untuk percepatan dalam menuntaskan kemiskinan,”Terang Ashari.

 

Baca Juga :


Saat yang sama, Iman Sukiman selaku Kepala Tata Usaha Pusdati, mengatakan mengapa NTB ini dipilih sebagai tempat dalam pelaksanaan kegiaatan ini karena NTB cukup dikenal dengan  media-media yang saat ini berkembang pesat, seperti pengelolaan data dengan kampung media  dengan data yang disajikan seperti yang dijelaskan tadi oleh narasumber kadis kominfotik NTB. Sehingga perlu untuk menyandingkan menimba pengalaman.

Sehingga tujuan ini dilaksanakan disatu sisi sebagai tugasnya dalam pengelolaan data dan informasi dikementerian desa, tiada lain untuk meningkatkan mutu dari data dan informasi yang disajikan kepada masyarakat lebih bermutu akurat, sederhana yang mudah dipahami oleh masyarakat.(San)



 
Lilwalidaini ihsan

Lilwalidaini ihsan

Nama Lilwalidaini ihsan Panggilan Ichan Alamat Dasan Agung Tanak Beak Lombok Tengah Hobi Menulis & Fotografi Email lilwaihsan@gmail.com Wa 082 340 181 425 Exis 083 129 790 828 "Jangan Lupa Komunikasi & Koordinasi Sebelum Bertindak"

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan