logoblog

Cari

Tutup Iklan

Dana Untuk UMKM Di Kota Mataram Mencapai 50 Milyar

Dana Untuk UMKM Di Kota Mataram Mencapai 50 Milyar

FGD (Focus Group Disscussion) hari terakhir 16 april 2018 tadi pagi DPRD Kota Mataram mengundang sejumlah SKPD seperti Diskoperindad,Diskominfotik, Unsur pendidikan

Pemerintahan

Asrobi Abdihi
Oleh Asrobi Abdihi
16 April, 2018 17:17:31
Pemerintahan
Komentar: 0
Dibaca: 1411 Kali

FGD (Focus Group Disscussion) hari terakhir 16 april 2018 tadi pagi DPRD Kota Mataram mengundang sejumlah SKPD seperti Diskoperindad,Diskominfotik, Unsur pendidikan seperti SMK, Pelaku Usaha,Mahasiswa dan media. Pembahasan tadi pagi iterkait inovasi kearah pengembangan industry kreatif dalm arti luas.

Ketua DPRD Kota Mataram H.Didi Sumardi,SH selaku moderator sekaligus pembicara mengatakan dari hasil pertemuan kai]li ini yang mengemuka bagi UMKM sendiri banyak menghadapi masalah seperti permodalan,permasaran,promosi , management termasuk terkait dengan bagaimana meningkatkan kualitas.

Dari beberapa [ermasalahan tersebut, kata Didi harus memberikan perhatian bagaimana sebenarnya mendesain peran pemerintah merespon problem mereka. Katakanlah permasalahan tentahg promosi, itu bisa didesain secara mudah dan murah salah satunya dengan memanfaatkan media online. Diharapkan dari media kampung untuk mencoba mendesainkan, modelnya seperti apa sehingga aspirasi mereka bisa diserap.

“Bisa saja nanti polanya kerjasama antara pemerintah dengan media kampong untuk memberikan porsi untuk UMKM dalam hal promosi dengan model karakter media kampong. Kedua bisa juga kita bangun satu pola bersinergi antara pemerintah dengan UMKM yang difasilitasi oleh media kampong sebagai sarana komunikasi atau interaksi secara produkstif antara UMKM dengan pemerintah dalam mempercepat respon pemerintah terhadap apa saja masalah di UMKM”. Kata Didi memberikan gambaran bentuk kerjasama antara pemerintah dengan media kampong.

Sambung Didi, yang ketiga bagaimana untuk memperkuat permodalannya dengan cara memfasiltasi kemudahan dalam memperoleh permodalan dilembaga-lembaga keuangan seperti perbankkan dan lainnya termasuk permodalan dari pemerintah sendiri seperti mempermudah izin usaha, membuat desain permodalan tertentu bagi UMKM, sebab alokasi untuk pemberian modal kepada usaha mikro cukup besar mencapai puluhan milyar. Dana terbesar di pegang oleh SKPD bidang ekonomi seperti Diskoperindag dan dibeberapa SKPD, jika dana tersebut dikumpulkan mencapai 50 milyar lebih pertahun.

“Kalau ini ditemukan satu model bagaimana untuk memberikan permodalan yang efektif untuk pengembangan UMKM, saya kira lebih bagus lagi, ini menjawab masalah permodalan tadi”. Ujar Didi

 

Baca Juga :


Selanjutnya Kata Didi, terkait dengan keterampilan,management,skill,SDM dan lainnya bisa di integrasikan dengan program SKPD terkait.

Dalam pertemuan pagi tadi {ihak DPRD Kota Mataram sengaja menghadirkan SKPD terkait seperti Diskoperindag,Diskominfotik dan stakeholder lainnya untuk mendengarkan dan mereport terkait apa saja yang hadapi oleh UMKM di Kota Mataram.

Rencananya hasil diskusi dengan sejumlah SKPD, Unsur pendidikan seperti SMK, Pelaku Usaha,Mahasiswa dan media ini dalam minggu ini akan dirapatkan dengan SKPD karna dalam waktu dekat akan membahas kebijakan umum anggaran APBD 2019. []



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan