logoblog

Cari

Tutup Iklan

LKPJ Gub Dalam Rapat Paripurna DPRD Provinsi Ntb

LKPJ Gub Dalam Rapat Paripurna DPRD Provinsi Ntb

Rapat Paripurna DPRD Provinsi Nusa Tenggara Barat dalam rangka penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) kepala daerah tahun anggaran 2017 dan

Pemerintahan

Syarlaili Humairoh
Oleh Syarlaili Humairoh
24 April, 2018 07:04:31
Pemerintahan
Komentar: 0
Dibaca: 3145 Kali

Rapat Paripurna DPRD Provinsi Nusa Tenggara Barat dalam rangka penyampaian Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) kepala daerah tahun anggaran 2017 dan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) kepala daerah masa jabatan tahun 2013 – 2018 yang diselenggarakan  di kantor DPRD Provinsi NTB, Senin (23/4/18). 

Rapat Paripurna dibuka oleh ketua DPRD Provinsi NTB Hj. Baiq Isvie Rupaeda, SH., MH memberikan sambutan kepada seluruh peserta yang terdiri dari Gubernur Nusa Tenggara Barat, Anggota Dewan, Pejabat Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup provinsi NTB, Pejabat Sipil TNI dan POLRI, BEM se Kota Mataram, dan  Siswa - siswi SMKN Katolik yang sedang mengadakan kunjungan studi ke gedung DPRD provinsi NTB dalam rangka meningkatkan kompetensi dan mendapatkan pengalaman terkait dengan lembaga negara dan demokrasi. “Selamat datang di  gedung DPRD Provinsi NTB semoga apa yang diperoleh dapat bermanfaat bagi diri sendiri,  serta dapat menambah pengetahuan bagi siswa - siswi SMKN Katolik Mataram” sambut ketua DPR.

Dalam kesempatan yang sama Gubernur Nusa Tenggara Barat Dr. TGH. M. Zainul Majdi menyampaikan hasil capaian LKPJ  kepala daerah tahun anggaran 2017 dan LKPJ masa jabatan tahun 2013 - 2018, diantaranya pada bidang Kemiskinan, dimana tingkat kesejahteraan dilihat dari menurunnya kemiskinan di NTB, dalam 5 tahun terakhir kemiskinan di NTB menurun dari 17,25% tahun 2013 menjadi 15,05% tahun 2017, agar dapat mengukur kemiskinan BPS menggunakan konsep kemampuan memenuhi kebutuhan dasar (basic needs approach). dengan pendekatan ini, kemiskinan dipandang sebagai ketidakmampuan dari sisi ekonomi untuk memenuhi kebutuhan dasar makanan dan bukan makanan yang diukur dari sisi pengeluaran. tahun 2017 NTB paling progresif ke - 2 dengan angka penurunan 1,02% setelah Papua Barat (1,98%).

Dalam bidang pengelolaan keuangan daerah, selama 6 kali berturut - turut mendapatkan opini WTP, dan seluruh Kabupaten/Kota meraih opini WTP 2016. Pemerintah provinsi NTB terus berusaha melakukan berbagai perubahan dalam pengelolaan keuangan daerah, meliputi tersedianya database provinsi NTB, E- Arsip Onine BPKAD Provinsi NTB, Sistem Informasi Manajemen Hibah dan Bantuan Sosial, Sistem Informasi Keuangan Daerah Regional NTB, Dashboard keuangan daerah provinsi NTB, dan E-Book keuangan daerah.

Dalam bidang Keterbukaan Informasi Publik, Kampung media menjadi salah satu program penting dalam upaya meningkatkan budaya tutur menjadi budaya menulis dan mendorong ekonomi kreatif. Kampung media sebagai sarana untuk menyebarkan berbagai informasi positif melawan fitnah dan hoax, mengajak berbuat baik untuk menggantikan perbuatan buruk. Sampai akhir tahun 2017 sudah terdapat 200 komunitas Kampung media dengan 2750 anggota, dan termasuk semua capaian kinerja dalam Undang-undang No. 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah.

 

Baca Juga :


Gubernur NTB juga menyampaikan pencapaian awards yang diperoleh Provinsi NTB, antaranya MDGs Awards 2014, The Most Improved dari Travel Club Tourism Award (TCTA) tahun 2012, Gubernur Pembina Terbaik Nasional, dan sebagainya. 

"Saya menyampaikan ucapan permohonan maaf kepada rekan - rekan, para pimpinan,  anggota DPRD Provinsi NTB baik periode ini mau pun periode sebelumnya, saya mohon maaf apabila dalam kemitraan profesional selama ini ada banyak hal-hal yang kurang pas dari esekutif baik sebagai lembaga maupun dari pribadi saya sebagai Gubernur NTB di dalam kita berinteraksi membangun daerah kita" tutup Gubernur NTB.(Tim Media)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan