logoblog

Cari

Tutup Iklan

Laboratorium Karantina Sumbawa Gelar In House Training Pengujian Cendawan

Laboratorium Karantina Sumbawa Gelar In House Training Pengujian Cendawan

Sumbawa (07/05) setelah mendapatkan akreditasi dalam penerapan ISO/IEC 17025:2008 pada tanggal 26 Juli 2017, dari Komite Akreditasi Nasional (KAN). Karantina Sumbawa

Pemerintahan

Tri Suparyanto
Oleh Tri Suparyanto
07 Mei, 2018 09:14:20
Pemerintahan
Komentar: 0
Dibaca: 2261 Kali

Sumbawa (07/05) setelah mendapatkan akreditasi dalam penerapan ISO/IEC 17025:2008 pada tanggal 26 Juli 2017, dari Komite Akreditasi Nasional (KAN). Karantina Sumbawa berencana menambah ruang lingkup pengujian pada tahun 2019 mendatang. Sebagai bentuk persiapan digelar In House Training bagi petugas laboratorium karantina tumbuhan.

Dibuka oleh Kepala Karantina Sumbawa, drh. Ida Bagus Putu Raka Ariana, In House Training ini dilaksanakan selama tiga hari (2-4/5). Dengan pemateri Dra. Tuti Murdiati, MSi dari Balai Besar Uji Standar Karantina Pertanian yang menyampaikan Metode pengujian deteksi dan identifikasi Organisme Pengganggu Tumbuhan/Organisme Pengganggu Tumbuhan Karantian (OPT/OPTK) dari golongan cendawan.

Menurut Tuti, secara umum Karantina Sumbawa memiliki personel laboratorium yang kompeten dalam melakukan pengujian cendawan, peralatanya juga sudah memadai. Metode pengujian cendawan yang dapat dilakukan di laboratorium Karantina Sumbawa yaitu pemeriksaan secara langsung, washing test, blotter test, agar test dan growing on test.

 

Baca Juga :


"Untuk persiapan penambahan ruang lingkup, Karantina Sumbawa sudah bagus dalam penyiapan dokumennya tinggal dimantapkan saja" tambah Tuti.



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan