logoblog

Cari

KSB Sediakan Blangko Mandiri Untuk KIA

KSB Sediakan Blangko Mandiri Untuk KIA

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sumbawa Barat (Dukcapil KSB) selangkah lebih maju dalam melakukan pendataan terhadap penduduk Kabupaten Sumbawa Barat

Pemerintahan

Feryal Mukmin Pertama
Oleh Feryal Mukmin Pertama
01 Agustus, 2018 21:16:13
Pemerintahan
Komentar: 0
Dibaca: 4454 Kali

Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Sumbawa Barat (Dukcapil KSB) selangkah lebih maju dalam melakukan pendataan terhadap penduduk Kabupaten Sumbawa Barat melalui program Masyarakat Tertib Administrasi. ( 1/8/2018)

Salah satu bentuk pelayanan terhadap masyarakat Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil akan menerbitkan Kartu Identitas Anak (KIA). Menurut Ibrahim, S.Sos.,MM selaku Kepala Dinas Dukcapil KSB, “Program ini belum diberlakukan secara nasional dan KSB akan mencoba untuk selangkah lebih maju sebelum diberlakukan secara nasional. Aturannya sudah ada namun penerapan secara nasional belum diaplikasikan. Secara Nasional ada daerah-daerah yang menjadi pilot project tapi KSB tidak termasuk didalamnya, maka dari KSB akan mengadakan sendiri blangkonya“. Ujar Ibrahim.

KIA ini merupakan kartu pengganti KTP (Kartu Tanda Penduduk) dimana usia berlakunya mulai dari 0-16 Tahun. Program ini akan dilaksanakan mulai bulan Agustus 2018, dimana untuk tahap awal sementara akan diberlakukan untuk wilayah Taliwang dan sekitarnya. Bentuk fisik dari KIA digolongkan berdasarkan usia 0-5 Tahun tanpa pas photo, 6-16 tahun menggunakan pas photo.

Fungsi dari KIA adalah sebagai tanda pengenal bagi anak yang diharapkan dapat mempermudah anak-anak dalam memberikan identitas tanpa menggunakan Kartu Keluarga, Dalam kesempatan yang sama Ibrahim juga menjelaskan bahwa dalam pembuatan KIA ini tidak dipungut biaya apapun dimana karena keseluruhannya ditanggung oleh Pemda Sumbawa Barat.

 

Baca Juga :


Mengenai masa berlakunya, KIA ditargetkan sampai anak yang bersangkutan mendapat Kartu Tanda Penduduk. Untuk tahap pertama Pihak Dukcapil tidak akan menerbitkan KIA pada anak usia 16 tahun. Untuk tahun 2018 hanya di siapkan sebanyak 10.000 blangko.

“Persyaratan untuk pembuatan KIA yaitu dengan membawa fotocopy Akte Kelahiran dan Kartu Keluarga maka dalam waktu satu hari Kartu Identias Anak sudah dapat dimiliki. Sejauh ini persiapan dari Dinas Dukcapil sudah mencapat 95%” Kata Ibrahim. Diskominfo Sumbawa Barat/Feryal/Tifa/ika



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan