logoblog

Cari

Tutup Iklan

Pelatihan Pengolahan Sayur dan Buah

Pelatihan Pengolahan Sayur dan Buah

Dinas Perindustrian Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), menggelar pelatihan pegolahan Sayur dan Buah-buahan di Hotel Paradiso Mataram, Kamis 20/9/18. Saat ditemui

Pemerintahan

Lilwalidaini ihsan
Oleh Lilwalidaini ihsan
20 September, 2018 19:04:27
Pemerintahan
Komentar: 0
Dibaca: 1479 Kali

Dinas Perindustrian Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), menggelar pelatihan pegolahan Sayur dan Buah-buahan di Hotel Paradiso Mataram, Kamis 20/9/18.

Saat ditemui mewakili kepala Dinas Perindustrian,  Bidang Industri 
Agro, Ir. Sriwijaya Ningsih, M.Si,  mengatakan kegiatan ini dilakukan dalam rangka melatih pelaku Industri Kecil dan Menengah (IKM) terhadap sayur dan buah yang dihasilkan oleh masyarakat di daerah. Tidak dijual dalam keadaan segar bahkan over produksi ketika panen.  Hal ini mengakibatkan  bisa merugikan para petani.

Sehingga tujuan dari kegiatan ini untuk meningkatkan daya kreatif ibu-ibu dalam mengolah sayur dan buah, agar memiliki nilai tambah.  "Minimal dengan adanya pelatihan ini ada inovasi atau kemasan baru bisa menambah nilai ekonomi yang lebih,"jelas Wiwik sapaan akrabnya.

Salah satu peserta berasal dari KWT Anugrah Samalas Lombok Tengah, Nuratika mengatakan rasa syukur kami bisa mengikuti pelatihan ini dengan penuh semangat. Semoga bisa bernilai manfaat terlebih daerah kami 80 persen masyarakat di dusun menanam Buah Naga. "Pelatihan ini kami diajarkan bagaimana mengolah buah naga menjadi Dodol Naga, Sele berbahan dari buah nanas dan yang lainnya,"ungkapnya.

 

Baca Juga :


"Semoga bisa bermanfaat, bisa dikembangkan mampu bangkit lagi jangan terus​-terusan bersedih dari musibah gempa ini, kita bisa memulai usaha kembali untuk meningkatkan prekonomian masyarakat,"pungkas Wiwik.

Disamping itu, dikatakannya kegiatan ini menjadi trauma healing bagi para ibu-ibu yang mengikuti pelatihan ini dari 20 orang yang berasal dari IKM-IKM di pulau Lombok terutama yang terkena akibat gempa bumi. (San-Tim Media)



 
Lilwalidaini ihsan

Lilwalidaini ihsan

Nama Lilwalidaini ihsan Panggilan Ichan Alamat Dasan Agung Tanak Beak Lombok Tengah Hobi Menulis & Fotografi Email lilwaihsan@gmail.com Wa 082 340 181 425 Exis 083 129 790 828 "Jangan Lupa Komunikasi & Koordinasi Sebelum Bertindak"

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan