logoblog

Cari

Generasi Milineal Manfaatkan Internet Untuk Usaha

Generasi Milineal Manfaatkan Internet Untuk Usaha

Jangan melihat suatu pekerjaan itu dari status atau gengsi tapi coba melihat sebuah peluang dan kesempatan sebagai sebuah pekerjaan. Penutup paparan

Pemerintahan

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
30 Oktober, 2018 14:45:50
Pemerintahan
Komentar: 0
Dibaca: 4029 Kali

Jangan melihat suatu pekerjaan itu dari status atau gengsi tapi coba melihat sebuah peluang dan kesempatan sebagai sebuah pekerjaan.

Penutup paparan materinya, Kepala Dinas Kominfotik Provinsi NTB Tribudi Ptayitno memotivasi peserta Pelatihan Bisnis Online, Senin (29/10) di hotel Lombok Raya kota Mataram.

Pelatihan Bisnis Online denga
tema Pemanfaatan Teknologi Informasi Sebagai Peluang Usaha, Kadis Kominfotik mengajak peserta untuk berwirausaha dengan memanfaatkan perkembangan IT.

"Di jaman derasnya perkembangan IT, saya ajak peserta pelatihan berinovasi membuat sebuah karya dan usaha, sehingga stigma masyarakat menjadikan PNS sebagai satu-satunya pekerjaan yang bagus itu terkikis karena meluhat anak muda yang punya usaha," pesan Tribudi Prayitno.

Seiring dengan perkembangan Pengguna Teknologi Informasi dengan media Intenet di dunia pada umumnya dan di Indonesia pada khususnya, maka peluang usaha didalam jaringan (Daring) terus berkembang.

Secara keseluruhan, jumlah pengguna internet di seluruh dunia diproyeksikan bakal mencapai 3 miliar orang pada 2015. Tiga tahun setelahnya, pada 2018, diperkirakan sebanyak 3,6 miliar manusia di bumi bakal mengakses internet setidaknya sekali tiap satu bulan.

Penduduk Indonesia saat ini mencapai 262 juta orang. Lebih dari 50 persen atau sekitar 143 juta orang telah terhubung jaringan internet sepanjang 2017, setidaknya begitu menurut laporan teranyar Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).

Mayoritas pengguna internet di Indonesia sebanyak 72,41 persen. Sebanyak 49,52 persen pengguna internet di Tanah Air adalah mereka yang berusia 19 hingga 34 tahun, artinya Internet tak bisa dipisahkan dari kehidupan sehari-hari anak milineal.

"Dari data yang diambil dari berbagai sumber tersebut menjadi peluang besar bagi kita untuk benar-benar dimanfaatkan sebagai media menadarkan prodak usaha, jangan berharap jadi PNS tapi maanfaatkan bisnis online ini," ujar Kadis kembali mengingatka.

Dinas Kominfotik NTB akan menfasilitasi anak-anak muda baik dari Kampung Media, Bumdes, UKM dan komunitas yang berinovasi dibidang ekonomi maupun bidang lainnya.

"Kalau bergerak dibidang usaha produk ekonomi kreatif, terkait pemasarannya kami akan hubungkan dan fasilitasi dengan Dinas Perdagangan dan  OPD terkait sampai dengan pemasarannya," kata Kadis Kominfotik NTB ini.

 

Baca Juga :


Namun produk yang pasarkan harus benar-benar memenuhi standar sesuai mekanisme yang diatur, sehingga bisa di publikasi di Isop Dinasa Pedagangan.

Kedepan Dinas Kominfotik NTB melalui Kampung Media sedang mengembangkan Starup kampung media sebagai tempat aktualisasi berjualan untuk masyarakat dan warga Kampung Media.

Kadis juga mensosialisasi NTB Care, program pelayanan publik,  masyarakat bisa proaktif memberikan pengaduan atau bertanya lewat sebuah aplikasi berbasis android ini. "Aplikasi ini terhubung langsung dengan Pak Gubernur dan Ibu Wagub, setiap pertanyaan akan segera di respon," kata Kadis.

Disamping itu ada Jumpa Bang Zul-Umi Rohmi setiap Jum'at. Tapi kalau tidak direspon bisa dilanjutkan ke NTB Care.

Kegiatan pelatihan bisnis online berlangsung 2 hari, Senin 29 sampai 30 Oktober dengan tema dan narasumber pelaku langsung usaha bisnis online.

Misalnya materi hari pertama, Potensi, Manfaat dan Tangan  Bisnis Online, dengan narasumber Hayi Nukman dari bukalapak.com.

Sedangkan pada hari kedua, menghadirkan narasumber dari komunitas  Lombok Dev, Dian membahas tema tentang Raih Pundi-pundi Dollar dari Keyboard. 

Sesi berikutnya ada Ikha Dewi komunitas  Fast Courier mensosialisasikan Optimalisasi penggunaan Sosmed sebagai peluang bisnis.

Tak kalah menariknya di hari terakhir pelatihan ini, ada Lalu Lian Hari Wangi, mengangkat pembahasan tentang Pengelolaan Smart Bumdes. (Edy).



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan