logoblog

Cari

Gubernur Ajak Media Cerdaskan Masyarakat

Gubernur Ajak Media Cerdaskan Masyarakat

Kabarkan hal yang baik tentang daerah kita, baik untuk masyarakat di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), daerah lain dan bahkan dunia.

Pemerintahan

EDY IRFAN
Oleh EDY IRFAN
01 November, 2018 18:11:09
Pemerintahan
Komentar: 0
Dibaca: 2703 Kali

Kabarkan hal yang baik tentang daerah kita, baik untuk masyarakat di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), daerah lain dan bahkan dunia. Lombok dan Sumbawa kini telah berbenah kembali, pasca bencana gempa bumi yang melanda beberapa bulan yang lalu.

Pesan ini disampaikan Gubernur NTB, Dr. Zulkieflimansyah saat menghadiri pelatihan meningkatkan kompetensi dan pemahaman insan jurnalis di Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), dengan tema “Jurnalisme Warga” yang digelar Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Pengda NTB, Rabu (31/10) di hotel Montana Senggigi Lombok Barat.

Gubernur NTB DR. Zulkieflimansyah membuka secara resmi kegiatan Jurnalisme Warga dalam bingkai Media Masa Kini. “Sesuai tema tentang mengenal dan mengidentifikasi berita Hoax, saya berharap media pers paham dan tau tentang sehingga masyarakat dapat menjadikan media pers baik elektronok maupun cetak sebagai referensi informasi yang berkembang dimasyarakat,” kata Doktor Zul.

Masayarakat sudah lebih paham tentang Informasi dan Teknologi. Sehingga berita di media massa, TV, media online dibagikan lewat media social. Ini peran Insan Pers mengangkat berita yang benar-benar membangun dan mencerdaskan bangsa dan masyarakat. Sehingga informasi yang beredar berita yang sehat.

“Media sosial itu harus sehat dari berita-berita hoax. Saat ini berita yang beredar di media sosial sering meresahkan. Bahkan, dapat menimbulkan perpecahan di tengah masyarakat dan mengancam keutuhan bangsa dan negara, ini yang harus kita jaga Bersama,” ajak Gubernur dihadapan Insan Pers se Provinsi NTB.

Kemudian lanjut Doktor Zul, “coba perhatikan fenomena di masyarakat saat ini sering disuguhkan dengan isu-isu yang mengandung ujaran kebencian, saling fitnah serta memprovokasi, berita hoax, ini tugas berasama kita pemerintah, insan media dan elemen lainnya untuk menyuguhi berita yang baik. Nah, kalau memang ada beredar berita hoax, tanggapi dengan bijak dan bnerikan edukasi,” kata Gubernur NTB dihadapan mahasiswa, pemuda, jurnalis, kelompok sadar wisata dan NGO.

 

Baca Juga :


Masyarakat perlu ajak dan diberikan sosialisasi maupun pendidikan tentang pengenalan berita hoax, mengenal sumber berita dan dan jenis-jenis informasi yang berkembang dimedia sosial. Termasuk memilih materi berita yang baik untuk disebarkan atau tidak.

Saat ini kita tidak mampu mengontrol derasnya informasi yang berkembang dengan dukungan fasilitas dimasyarakat. Oleh sebab itu perlu lebih ditingkatkan kegiatan yang menyentuh masyarakat seperti pelatihan. Sehingga antara masyarakat mempunyai kesadaran moral untuk mengenal dan saling menginformasikan tentang jenis berita yang beredar.

Ketua Panitia, Lalu Okto Muhar Sabdi dalam laporannya menjelaskan, kegiatan IPJI yang di Lombok Barat ini merupakan kelanjutan kegiatan IPJI yang diselenggarakan di Lombok Tenggah beberapa hari yang lalu, dengan tujuan untuk meningkatkan kompetensi Insan Media.

Kegiatan ini juga digelar untuk mendidik masyarakat mengenal jenis-jenis berita dan mengidentifikasi berita hoax. Selain itu, untuk mengenal program dan aplikasi media masa, mengetahui cara pengambilan gambar media dan praktek pembuatan karya media. (Edy)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan