logoblog

Cari

Tutup Iklan

Penyusunan Rencana Induk TIK di KSB

Penyusunan Rencana Induk TIK di KSB

Sumbawa Barat. Diskominfo - Untuk meningkatkan mutu pelayanan publik, menciptakan birokrasi efektif dan efisien, serta transparansi dan akuntabilitas kinerja pemerintahan dalam

Pemerintahan

Feryal Mukmin Pertama
Oleh Feryal Mukmin Pertama
05 November, 2018 14:42:28
Pemerintahan
Komentar: 0
Dibaca: 731 Kali

Sumbawa Barat. Diskominfo - Untuk meningkatkan mutu pelayanan publik, menciptakan birokrasi efektif dan efisien, serta transparansi dan akuntabilitas kinerja pemerintahan dalam rangka mewujudkan good governance (tata kelola pemerintahan yang baik) sesuai amanat Instruksi Presiden Nomor 03 Tahun 2003 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-government dan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE), Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sumbawa Barat beberapa waktu lalu melaksanakan Focus Grup Discussion (FGD) Tahap 1 penyusunan Rencana Induk Teknologi Informasi dan Komunikasi Tahun 2016-2021,  Selasa (30/10). Hasil yang diharapkan dari pertemuan ini adalah adanya rencana strategis pengembangan Sistem Informasi (SI)/Teknologi Informasi (TI) selama 5 Tahun yang selaras (alignment) dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2016-2021.

Rencana Strategis SI/TI meliputi aplikasi, infrastruktur teknologi informasi, Tata Kelola TIK, dan manajemen SI/TI. Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika, Syahril, S.Pd dalam sambutannya pada kegiatan yang dilaksanakan di Aula Dinas Perhubungan ini mengatakan bahwa Tujuan dari FGD ini adalah untuk melakukan konfirmasi dan memperoleh masukan peserta dari 20 Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mengenai kondisi saat ini dan rencana kedepan terkait aplikasi, infrastruktur, SDM TIK, di masing-masing OPD.

Sebelum pelaksanaan FGD, Dinas Komunikasi dan Informatika bersama pihak Konsultan telah melaksanakan Survey ke seluruh OPD di Lingkup Pemda Kabupaten Sumbawa Barat, yaitu pengisian kuisioner terkait kondisi TIK pada tiap OPD. Sementara itu, Kepala Bidang Komunikasi dan Informatika, Saifullah, S.IP., menyampaikan kepada para peserta FGD bahwa Dinas Komunikasi dan Informatika sudah memiliki server, sebagai tempat hosting beberapa aplikasi. Selain itu, tahun ini juga ada penmbangunan sarana dan prasarana e-Government yaitu jaringan intranet fiber optik yang menghubungkan dan mengintegrasikan data dan informasi antar semua OPD, serta peningkatan server dan data center, dan juga jaringan nirkabel.

 

Baca Juga :


Selama pemaparan oleh konsultan penyusunan rencana induk TIK, peserta sangat antusias menerapkan berbagai macam teknologi informasi yang akan membantu setiap tugas dan fungsi agar dapat dilakukan secara mudah dan cepat. Akhirnya diharapkan dari hasil penyusunan rencana induk TIK dapat memberikan pelayanan kepada seluruh lapisan masyarakat, sampai ke tingkat desa, kelurahan, dan kecamatan berdasarkan asas keterpaduan, kualitas sumber daya manusia, manfaat, keamanan dan kehandalan, arsitektur SI, infrastruktur TI, dan manajemen SI/TI, serta tata kelola TIK. (Feryal/tifa/yadi)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright 2008 - 2018 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan