logoblog

Cari

OPGAB Amankan Burung Dan Lobster Tak Bersertifikat

OPGAB Amankan Burung Dan Lobster Tak Bersertifikat

Sumbawa – Operasi Gabungan Polres Sumbawa Barat, SKP Kelas I Sumbawa Besar, Kesatuan Pelaksana Pengamanan Pelabuhan (KP3) Potototano dan Balai Karantina

Pemerintahan

Tri Suparyanto
Oleh Tri Suparyanto
24 Januari, 2019 14:50:22
Pemerintahan
Komentar: 0
Dibaca: 8551 Kali

Operasi Gabungan Polres Sumbawa Barat, SKP Kelas I Sumbawa Besar, Kesatuan Pelaksana Pengamanan Pelabuhan (KP3) Potototano dan Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKPIM) Wilker Pototano dilaksanakan pada hari Senin (21/01). Kegitan ini dilaksanakan dalam rangka meningkatkan keamanan dan ketertiban masyarakat di pelabuhan Ferry Pototano menjelang pelaksanaan pemilihan umum legislatif dan presiden.

Dari operasi gabungan tersebut berhasil mengamankan 30 ekor burung Sri Gunting, 4 ekor burung kepodang dan 92 ekor bayi lobster.

“Burung dan bayi lobster ditemukan pada waktu pemeriksaan bagasi salah satu bus yang hendak menyeberang ke pulau Lombok”, ungkap Christiawan Yunarto, Petugas Karantina Sumbawa Wilker Pelabuhan Ferry Pototano.

Burung-burung yang ditahan sebenarnya bukan termasuk burung yang dilindungi. Namun untuk melalulintaskanya harus dilaporkan ke petugas Karantina dengan dilengkapi Surat Keterangan Kesehatan Hewan dan Surat Keterangan Asal Hewan, sedangkan untuk bayi lobster menjadi kewenangan BKPIM Mataram tambahnya.

 

Baca Juga :


Burung tidak diketahui pemiliknya tersebut dilakukan pelepasliaran di halaman Polres Sumbawa Barat, sebelumnya diserahkan kepada BKSDA Nusa Tenggara Barat untuk memastikan bahwa burung-burung tersebut tidak termasuk satwa yang dilindungi. Sedangkan pelepasliaran 92 ekor bayi lobster dilakukan di wilayah konservasi perairan Pulau Kenawa bersama BKPIM Mataram.

Kegiatan tersebut untuk melindungi Keanekaragaman Hayati di pulau Sumbawa dan sebagai edukasi kepada masyarakat agar dapat mematuhi peraturan karantina. []



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan