logoblog

Cari

Usulan Prioritas Kecamatan Seteluk di RKPD 2020

Usulan Prioritas Kecamatan Seteluk di RKPD 2020

Sumbawa Barat. Diskominfo - Kecamatan Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat (KSB)-Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja

Pemerintahan

Feryal Mukmin Pertama
Oleh Feryal Mukmin Pertama
13 Februari, 2019 14:25:24
Pemerintahan
Komentar: 0
Dibaca: 9248 Kali

Sumbawa Barat. Diskominfo - Kecamatan Seteluk Kabupaten Sumbawa Barat (KSB)-Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) tahun 2020, pelaksanaan Musrenbang di Kecamatan Seteluk ini adalah yang ke dua setelah Kecamatan Taliwang yang diadakan pada Senin (11-Februari-2019) kemarin.

Musrenbang tersebut dilaksanakan di kantor camat Seteluk dan dihadiri oleh Abdul Hamid, S.Pd, Camat Seteluk, Sri Ayu Idayani, SE, MM., Sekretaris Bappeda, Kepala Bidang Fisik Bappeda, Hermansyah, ST., perwakilan seluruh Organisasi Perangkat Daerah KSB, para kepala desa dan tokoh masyarakat.

Camat Seteluk dalam sambutannya mengatakan bahwa sebelum diadakan musrenbang tersebut, pihaknya bersama perangkat desa telah menentukan beberapa rencana pembangunan prioritas yang sifatnya sebagian besar masih berupa pembangunan infrastruktur.

“Kami berharap kepada pemerintah untuk bisa mengutamakan semua usulan prioritas dari para kepala desa yang telah diusulkan bertahun-tahun, sehingga tidak ada lagi masalah yang selama ini banyak dikeluhkan oleh kepala desa karena usulan prioritasnya belum terealisasikan.” Kata Camat.

Usulan yang bertahun-tahun, tambah Camat, agar menjadi catatan penting bagi pemerintah pada musrenbang sehingga pihak desa tidak menolak apa yang akan terealisasi nantinya.

Beberapa usulan prioritas yang diusulkan oleh beberapa kepala desa seperti pembangunan jalan usaha tani di desa Air Suning, pemasangan mesin dan pipa sumur bor, pembangunan sumur bor di dusun Benteng, pembangunan jembatan baru di dusun Benteng dengan anggaran Rp150 juta, rehabilitasi jalan desa yang rusak yaitu jalan pendidikan, jalan pemuda, dan jalan lala jinis, serta beberapa usulan yang bersifat bantuan alat, pemberdayaan masyarakat dan pelebaran sungai yang mulai menyempit.

Dari hasil Musrenbang tersebut total pagu anggaran pembangunan kecamatan Seteluk yang disetujui adalah Rp25 Milyar 446 juta, berbeda jauh dengan Kecamatan Taliwang yang mencapai Rp119 milyar.

 

Baca Juga :


“Kami berharap RKPD 2020 bisa terealisasi dengan baik agar masyarakat bisa mandiri secara ekonomi, pendapatan masyarakat maksimal sehingga keluar dari kriteria kemiskinan.” Ungkap Sri Ayu Idayani, Sekretaris Bappeda KSB.

Sementara Kepala Bidang Fisik Bappeda KSB, Hermansyah,ST mengatakan bahwa saat ini telah dibuatkan aplikasi untuk menampung seluruh usulan dari kecamatan sehingga akan lebih mudah diakses oleh publik. “untuk menjalankan aplikasi ini kami telah melatih beberapa orang dari setiap kecamatan sehingga dapat mengoperasikan aplikasi tersebut, kemudahan lainnya adalah setelah ini kita langsung bisa print out hasil musrenbang ini”. Kata Hermansyah

Adapun sasaran utama pada RKPD 2020 ini adalah peningkatan kemandirian ekonomi masyarakat dan pemenuhan hak-hak dasar secara menyeluruh yang meliputi, peningkatan perlindungan masyarakat miskin, peningkatan daya saing UMKM dan IKM, peningkatan produktivitas pertanian dan perikanan, peningkatan kualitas pelayanan dasar masyarakat.

Sementara target RKPD 2020 antara lain, tingkat partisipasi masyarakat dalam forum perencanaan pembangunan dan pelaksanaan pembangunan, tingkat penanganan pengaduan masyarakat, indeks pendidikan, umur harapan hidup, pengeluaran perkapita penduduk, indeks profesionalitas ASN, skor IKM pelayanan publik, nilai SAKIP, dan opini BPK terhadap pengelolaan keuangan. Feryal/tifa. Dok. Rangga.



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan