logoblog

Cari

Genre Sukses Di Ponpes Nurul Bayan

Genre Sukses Di Ponpes Nurul Bayan

Sosialisasi Pembangunan Keluarga Bersama Mitra Kerja Melalui Genre Ceria yang digelar oleh Perwakilan BKKBN NTB dengan Komisi IX DPR RI bekerjasama

Pemerintahan

Asrobi Abdihi
Oleh Asrobi Abdihi
16 Maret, 2019 11:37:12
Pemerintahan
Komentar: 0
Dibaca: 510 Kali

Sosialisasi Pembangunan Keluarga Bersama Mitra Kerja Melalui Genre Ceria yang digelar oleh Perwakilan BKKBN NTB dengan Komisi IX DPR RI bekerjasama dengan EO Jakarta PT.Solindo Duta Praga ini sukses di 9 titik lokasi. Lokasi terakhir bertempat di Pondok Pesantern Nurul Hidayah desa Telaga Bagek Anyar Bayan Kabupaten Lombok Utara. (Bayan,14/03/2019)

Hadir dalam Sosialisasi terakhir ini Wakil Ketua Komisi IX DPR RI Dra.Hj.Ermalena ,Mhs, Sekretaris sekaligus Plh. Perwakilan BKKBN NTB Drs.Samaan,M.Si , Kepala Bidang KSPK Perwakilan BKKBN NTB Dra.Baiq Nurhayati, Pimpinan Ponpes Nurul Bayan TGH.Abdul Karim bin Abdul Ghofur Anggota DPRD KLU, Forum Genre Indonesia NTB serta 250 peserta dari kalangan santri.

TGH.Abdul Karim bin Abdul Ghofur dalam sambutannya mengatakan bahwa dipondok Nurul Bayan hampir tidak ada kasus nikah ketika saat proses belajar di pondok,

“jadi mereka jarang berkeluarga ketika mereka dalam proses belajar, kasus pernikahan dini hampir tidak pernah muncul. Jadi say no to early merried, jadi disini sudah sukses ,begitu juga yang kedua say no to free sex dan say no to narkotika, pokoknya BKKBN aman sudah, kalau masuk pondok, Alhamdulillah apa yang dicanangkan oleh keluarga berencana terkait dengan merencanakan hidup dan mengelola masa depan insyaaAllah anak-anak ini sudah pada pemikiran seperti itu”. Ujar TGH.Abdul Karim

TGH.Abdul Karim memaparkan, para santri, disamping menimba ilmu juga belajar hidup, belajar entrepreneur, diajar bagaimana belajar beraktifitas, mulai berfikir bagaimana mereka manata survive hidup.

Selain itu kata TGH.Abdul Karim, dipondok juga dikembangkan terkait jenis usaha seperti peternakan ada konveksi, waserda, pertanian, perkebunan pertokoan yang dilakukan oleh santri setiap hari. Yang terpenting ritme kehidupan mereka memang diatur dinamis tetapi disiplin yang sangat tertib dan teratur.

“saya kira ketertiban dan keteraturan itu tampak dari filosofi lembaga yang bersih, memenuhi syarat sebagai daerah yang terbangun antara wawasan lingkungan dan curah matahari yang seimbang sehingga sekitar 8 hektar yang dihuni oleh santri itu dimanfaatkan untuk beraktifitas islamic basecame yang mendidik mereka sehingga lingkungan ini benar-benar lingkungan yang mendidik untuk mereka, sehingga sangat tepat program atau kegiatan ini di tempatkan di pondok pesantren, sangat-sangat tepat dan tidak salah pilih”. Kata TGH.Abdul Karim menutup sambutannya.

 

Baca Juga :


Sekretaris sekaligus Plh. Perwakilan BKKBN NTB Drs.Samaan,M.Si mengatakan remaja d Ponpes Nurul Bayani sudah tidak ada masalah, untuk itu BKKBN sangat bersyukur, karna salah satu tugas BKKBN adalah bagaimana mengelola pembangunan keluarga sejahtera dan pemberdayaan keluarga.

Kata Samaan, metode yang dipakai oleh BKKBN melalui pendekatan siklus hidup yakni bagaimana BKKBN mengelola manusia dari sejak didalam rahim sampai meninggal dunia. Salah satu yang dikelalo sekarang adalah bagaimana kehidupan remaja karna sekitar 29% jumlah penduduk NTB adalah remaja. Setiap 100 penduduk terdapat sekitar 20 sampai 25 orang itu kategori remaja. Dari 100% kasus narkoba, ada sekitar 21 persen kasus narkoba itu anak remaja begitu juga dengan sex bebas.

Samaan mengakui kegiatan pondok pesantren sangat membantu program BKKBN terutama terkait dengan remaja. Diharapkan kepada para santri agar jangan ada niat cepat cepat untuk kawin yang penting sekolah dulu.

Untuk lebih menyemangati para peserta di acara sosialisasi yang berlangsung di Pondok Pesantern Nurul Bayan ini, pihak panitia menyediakan berbagai macam doorprice seperti rice cooker,kipas angina,tas,blender dan sepeda dan lain-lain.



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan