logoblog

Cari

Sampaikan Informasi Bermanfaat Meski Satu Kalimat

 Sampaikan Informasi Bermanfaat Meski Satu Kalimat

“Kinerja, Komunitas, Kemitraan. Sampaikan Informasi Bermanfaat Meski Satu Kalimat”. Jargon milik Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik Propinsi Nusa Tenggara Barat ini

Pemerintahan

suryadi jamie
Oleh suryadi jamie
25 Maret, 2019 08:07:51
Pemerintahan
Komentar: 0
Dibaca: 3434 Kali

“Kinerja, Komunitas, Kemitraan. Sampaikan Informasi Bermanfaat Meski Satu Kalimat”. Jargon milik Dinas Komunikasi, Informasi dan Statistik Propinsi Nusa Tenggara Barat ini menjadi yel yel rutin. Kalimat yang saban pagi diaklamasi oleh karyawan dan pimpinan dinas pada apel harian itu menjadi semangat dan motivasi, apa sesungguhnya peran dan kontribusi mereka pada masyarakat dan negara.

Kinerja dimaknai penguatan internal kepada karyawan dan karyawati Diskominfotik. Komunitas adalah pemberdayaan entitas yang bergerak di bidang penyebaran informasi dan Kemitraan membangun koordinasi dan kerjasama antar stakeholder informasi dan komunikasi. Menyampaikan informasi bermanfaat adalah kewajiban semua orang seperti juga hak mendapatkan informasi bermanfaat.

Diseminasi Informasi yang tertuang dalam RPJMD NTB mempunyai visi pemanfaatan teknologi informasi. Era yang hari ini meliputi semua gerak langkah orang. Memengaruhi bagaimana keputusan dibuat orang dalam kehidupan sehari hari. NTB pernah diguncang bencana besar. Secara umum, penyebaran informasi bohong (hoax) dan migrasi masyarakat kepada penggunaan media sosial yang demikian massif membuat era informasi dan komunikasi public kian mendapatkan tantangan. Begitu pula NTB. Sebagai perpanjangan pemerintah di bidang informasi dan komunikasi di daerah, membuat Diskominfotik NTB yang baru genap dua tahun harus memastikan amanat undang undang tentang keterbukaan informasi dan ketersediaan informasi menjangkau seluruh wilayah dan lapisan masyarakat.

Program pembangunan nasional terkait informasi dan komunikasi tentu saja menjadi pilot project kebijakan yang juga harus diterapkan di daerah. Kementerian Komunikasi dan Informasi sebagai perpanjangan pemerintah pusat diantaranya telah membangun jaringan informasi digital wilayah timur untuk pengentasan blankspot. Ada pula rencana Big Data untuk pengolahan dan pengelolaan data terpusat, pemanfaatan aplikasi berbasis Android untuk e government dan tujuan lain serta  mendorong perekonomian dengan platform e commerce yang kini sedang menjadi ikon baru dalam era ekonomi kreatif.

Pemasangan jaringan telekomunikasi di berbagai daerah "Blank Spot" telah banyak diimplementasikan oleh Kemenkominfo. Salah satunya desa terpencil, Desa Tolo Oi Kabupaten Sumbawa Provinsi NTB. Penyediaan jaringan telekomunikasi dan media center di Lombok Utara Provinsi NTB pasca gempa bumi terus dipastikan untuk membantu pemerintah daerah dalam berkoordinasi guna mempercepat pemulihan serta mempermudah sinergitas antar masyarakat dengan pemerintah terkait dengan bantuan-bantuan yang masuk dari berbagai daerah di Indonesia. Data 2018 menyebutkan ada 108 BTS seluruh NTB. 78 BTS adalah kandidat dan 27 telah on air diantaranya di Dompu, Sumbawa dan KSB.

Kebijakan-kebijakan Kemenkominfo meningkatkan sumber daya manusia juga telah banyak dilakukan. Menyediakan beasiswa bagi 20.000 generasi muda Indonesia melalui Digital Talent Scholarship agar Indonesia dapat bersaing dengan negara-negara lain di era Revolusi Industri 4.0, meningkatkan skill dan kompetensi khusus di bidang teknologi.

 

Baca Juga :


Diskominfotik NTB sejak awal telah melakukan sosialisasi dan sharing informasi terkait pemanfaatan teknologi informasi. Ada Temu Pelajar Kreatif se NTB dan Kelompok Informasi Masyarakat yang digelar sebagai upaya memperkuat generasi milenial agar tak hanya menjadi pengguna informasi namun penyedia informasi dari berbagai bidang kreatifitas yang dapat memberikan nilai tambah.

Peran Tim Media Diskominfotik NTB juga tak hanya sebagai corong pemerintah yang mengabarkan hasil pembangunan pemerintah namun lebih dari itu sebagai perencana media (media planner) bagi pemanfaatan media publikasi baru dan konsep penyebaran informasi.  Konsep yang mengikuti dinamika masyarakat digital dan karakter informasi yang kini begitu terbuka. Ada banyak informasi kerja pemerintah dan hasil pembangunan yang sekarang bersaing dengan pola media digital yang memanfaatkan kekuatan media sosial sebagai penyeimbang.

Komunikasi tersebut juga dibangun dua arah. Pemanfaatan aplikasi berbasis Android seperti NTB Care, NTB Satu Data atau Si Aga yang dibuat untuk menampung kritik dan masukan masyarakat digagas Diskominfotik NTB sebagai leading sector bagi OPD lain di lingkup Pemerintah Provinsi NTB sebagai sarana pemanfaatan teknologi yang efisien dan akuntabel. Pemanfaatan media sosial selain memberi pemahaman tentang regulasi juga membangun cara berpikir produktif kepada masyarakat tentang bagaimana mengelola kesempatan kreatif dan pasar peluang sebagai cara untuk maju dan ikut bersaing secara global.

Saat ini, Kemenkominfo RI dibawah komando Menteri Rudiantara sedang menggeber peluang ekonomi berplatform digital. Selain menciptakan bisnis bisnis startup baru, Infonesia yang telah memiliki empat unicorn masih harus terus menggali potensi yang dimilikinya. Pasar yang besar dan peluang usaha yang beragam menjadikan Indonesia diminati dunia. Infrastruktur jaringan backbone satelit yang kini sedang dibangun merupakan mainframe utama percepatan ekonomi. Selain kebijakan regulasi lain tentang pajak dan pengelolaan informasi secara lebih komprehensif dengan “memakasa” para penyedia layanan media social besar dunia untuk membuka kantor perwakilan di Indonesia. Agar ekonomi Indonesia dapat maju pesat namun tak menggerus identitas bangsa dengan gelombang industry dan informasi global.



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan