logoblog

Cari

IPM NTB Tumbuh 1,08 Persen 

IPM NTB Tumbuh 1,08 Persen 

Rilis Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi NTB tentang laju pertumbuhan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Pemerintahan

Suparman
Oleh Suparman
16 April, 2019 09:07:35
Pemerintahan
Komentar: 0
Dibaca: 1428 Kali

Rilis Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi NTB tentang laju pertumbuhan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Tahun 2017 lalu pertumbuhan IPM sebesar 66,58 pada tahun 2018 laju pertumbuhan meningkat yaitu mencapai angka 1,08 persen atau sebesar 67,30. Sedangkan Pertumbuhan IPM NTB per tahunnya rata-rata 1,20 persen.

“Pertumbuhan IPM kita setiap tahunnya terus alami peningkatan, dan tahun 2018 pertumbuhannya sebesar 1,08 persen," ungkap Kepala BPS NTB Suntono, Mataram (15/4).

Dalam paparannya, ia menjelaskan  pertumbuhan Indeks Pembangunan Manusia dilihat dari Empat komponen penting yang menjadi acuan pembangunan manusia di setiap daerah di Indonesia. Empat komponen tersebut adalah pertama; Angka Harapan Hidup mencapai 65,87 tahun (tumbuh 0,49 persen). Kedua; Harapan Lama Sekolah 13,47 tahun (tumbuh 0,07 persen). Ketiga; Rata-rata Lama Sekolah 7,03 tahun (tumbuh 1,88 persen) dan keempat; Pengeluaran Per Kapita sebesar Rp 10,28 juta per orang setiap tahunnya atau tumbuh sebesar 4, 12 persen.

"Kontribusi keempat komponen ini, menjadikan IPM kita alami pertumbuhan yang signifikan," jelasnya.

Namun demikian, capaian tersebut menjadikan IPM NTB masuk dalam level sedang, artinya dengan capaian itu provinsi NTB merupakan salah satu provinsi yang cepat mengalami peningkatan pertumbuhan manusianya. Sementara laju pertumbuhan IPM NTB masih berada di urutan ke 29 dari 34 provinsi se-Indonesia. 

“Kendati demikian, pertumbuhan IPM NTB berada pada urutan ketujuh tercepat di seluruh indoensia,” ungkap Suntono

 

Baca Juga :


Ia berharap, dengan capaian ini dapat dipertahankan. Sehingga pada tahun berikutnya, provinsi  NTB akan bergeser ke posisi teratas, karena IPM NTB masih terpaut 0,41 poin dari Provinsi Gorontalo yang urutan ke 28,” harapnya.

IPM merupakan indikator penting untuk mengukur keberhasilan dalam upaya membangun kualitas hidup manusia, juga sebagai indikator target pembangunan pemerintah dalam pembahasan asumsi makro di DPR-RI. IPM juga digunakan sebagai salah satu alokator dalam penentuan Dana Alokasi Umum (DAU). Kemudian komponen IPM merupakan indikator yang digunakan dalam perhitungan Dana Insentif Daerah (DID). 

“Karena sebagai indikator jangka panjang, maka perlu kehati-hatian dalam memaknainya,” tuturnya. (Man-Tim Media)



 
Suparman

Suparman

nama Suparman, biasa di panggil Man. lahir di desa O,o Kec. Dompu, Kab. Dompu pada Tanggal 12 Februari 1992. anak pertama dari enam saudara. saya lahir dari pasangan Bapak A. Talib dengan Ny. Uniriyah. No HP 085337689025

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan