logoblog

Cari

Pemprov akan Revitalisasi BSLU

Pemprov akan Revitalisasi BSLU

Pemerintah Provinsi berencana  merevitalisasi Balai Sosial Lanjut Usia (BSLU) Mandalika Mataram, menjadi tempat yang nyaman bagi para Lanjut Usia (Lansia). Hal

Pemerintahan

Lulu walmarjan
Oleh Lulu walmarjan
03 Mei, 2019 15:55:58
Pemerintahan
Komentar: 0
Dibaca: 561 Kali

Pemerintah Provinsi berencana  merevitalisasi Balai Sosial Lanjut Usia (BSLU) Mandalika Mataram, menjadi tempat yang nyaman bagi para Lanjut Usia (Lansia). Hal ini untuk menghilangkan paradigma masyarakat terhadap BSLU yang identik menjadi tempat 'buangan' bagi para lansia.

Paradigma ini muncul seiring dengan perkembangan zaman sekarang ini, dimana banyak orang dan anak- anak tidak ingin meninggalkan orang tuanya sendiri di rumah, tidak ingin menaruh orang tuanya di panti sosial. Karena di panti merupakan wujud ketidak pedulian. Namun orang tuanya ditinggalkan selama 24 jam, dan ditinggal merenung di rumah sendiri dan merasa kesepian. 

"Dimana orang di panti, bukan karena anaknya tidak peduli, bukan karena tidak sayang. Namun karena ini adalah cara terbaik agar orang tuanya bahagia di masa tua." ungkap gubernur NTB Dr. Zulkieflimansyah dalam kegiatan Jumpa Bang Zul dan Umi Rohmi yang digelar di BSLU Mandalika Mataram, Jum'at (03/05/19). 

Hal inilah yang menjadi tantangan untuk dikerjakan bersama. Bagaimana mengubah pola pikir masyarakat bahwa panti bukan cara yang tepat buat masa yang akan datang. Akan tetapi sebaliknya. Panti menjadi tempat berkumpul dengan rekan sejawat. Agar orang tuanya punya teman bersenda gurau, agar punya kesempatan bernostalgia, sambil menceritakan memori masa lalu dan tertawa.

"Tidak mudah merubah cara pikir. Jadi bagaimana kita mendesain panti agar tidak menjadi tempat 'buangan' menurut masyarakat. Kita buat panti ini menjadi tempat yang nyaman, biar orang tau ini adalah ekspresi kecintaan anak-anak kepada orang tuanya,"jelas Bang Zul.

 

Baca Juga :


Kepala Dinas Sosial Provinsi NTB H. Ahsanul Khalik menyambut baik rencana gubernur untuk merevitalisasi BSLU Mandalika."Kita sudah ada anggaran untuk perbaikan. Nanti kita akan bangunkan sejumlah fasilitas seperti taman, rumah ibadah serta bangunan secara keseluruhannya akan diperbaiki, sehingga akan lebih indah dan nyaman untuk para lansia," jelasnya.

Saat ini anggaran untuk perbaikan gedung BSLU senilai 3 miliar rupiah. Lebih besar dibanding balai sosial lainnya. (Luk-tim media).



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan