logoblog

Cari

Pilkades Serentak Tahap Tiga Akan Dilaksanakan November

Pilkades Serentak Tahap Tiga Akan Dilaksanakan November

KM Bali 1, Dompu-Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak akan segera dilaksanakan pada bulan November tahun ini.  Hal tersebut dikemukakan Kepala

Pemerintahan

KM. Bali 1
Oleh KM. Bali 1
18 Juli, 2019 19:04:57
Pemerintahan
Komentar: 0
Dibaca: 1360 Kali

KM Bali 1, Dompu-Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak akan segera dilaksanakan pada bulan November tahun ini.  Hal tersebut dikemukakan Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa (Pemdes) Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM-PD) Dompu Muhammad Ali saat ditemui wartawan di ruang kerjanya Senin, (1/7) lalu.

Pilkades November mendatang adalah Pilkades serentak yang ketiga kalinya sejak diselenggarakan pertama kali pada tahun 2015. Mekanisme tersebut sesuai dengan amanat Undang-undang Nomor 6 tahun 2014 tentang Desa.

Lebih rinci dikatakan Muhammad Ali, tepatnya ada 22 Desa yang akan melaksanakan Pemilihan serentak. "paling banyak ada di kecamatan Pekat yaitu sebanyak 7 Desa", jelasnya.

Ketujuh Desa tersebut antara lain; Desa Sori Tatanga, Desa Calabai, Desa Nanga Kara, Desa Beringi Jaya,  Desa Pekat, Desa Nanga Miro,  dan Desa Tambora. "Desa yg akan melaksanakan Pilkades serentak ini dapat bertambah jika Kades Sori Nomo bersedia dengan suka rela mengundurkan diri sebelum masa jabatannya berakhir pada 2020 nanti untuk kembali menjadi calon pada Pilkades serentak tahun 2019 ini", ungkap  Kabid Pemdes Berkacamata ini.

Disamping itu, Desa lain yang akan melaksanakan Pilkades serentak diantaranya Kecamatan Manggelewa sebanyak 1 Desa yakni Desa Suka Damai,  Kecamatan Woja dan Kecamatan Pajo masing - masing sebanyak 2 Desa yakni Desa Matua, Desa Bara, Desa Lepadi dan Desa Jambu.

"sedangkan Kecamatan Dompu dan Kilo juga sama, masing - masing 3 Desa yaitu Desa Malaju, Desa Kiwu, Desa Taropo untuk Kecamatan Kilo, Desa Mangge Asi, Desa Katua, dan Desa Kareke untuk Kecamatan Dompu", kata M. Ali.

 

Baca Juga :


Tidak hanya itu, M. Ali menyebutkan di Kecamatan Hu'u juga terdapat sebanyak 4 Kades yang periode pemerintahannya berakhir tahun ini diantaranya; Desa Marada, Desa Rasa Bou, Desa Daha dan Desa Cempi Jaya. Desa tersebut juga dinyatakan akan menggelar Pilkades Serentak pada November mendatang.

"semua Desa yg disebutkan itu adalah Desa yang sudah berakhir periode Pemerintahan Kadesnya yakni selama 6 tahun sesuai Undang - undang", terangnya.

Lebih lanjut dikatakan M. Ali, anggaran yang dialokasikan dalam penyelenggaraan Pilkades Serentak kali ini bersumber dari dana Sharing antara BPMPD Dompu dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) Setempat. "Pilkades serentak akan dibiayai sebagian dari BPMPD dan sebagian lagi dibiayai dari APBDes  masing-masing Desa setempat”, imbuhnya.(Siol)



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan