logoblog

Cari

BPD Memang Mirip DPR

BPD Memang Mirip DPR

Giri Menang - KM. Bupati Lombok Barat, H.Fauzan Khalid menyatakan, jika dianologikan ke atas, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) memang mirip-mirip dengan

Pemerintahan

Pangkat Ali
Oleh Pangkat Ali
30 September, 2019 13:57:55
Pemerintahan
Komentar: 0
Dibaca: 391 Kali

Giri Menang - KM. Bupati Lombok Barat, H.Fauzan Khalid menyatakan, jika dianologikan ke atas, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) memang mirip-mirip dengan DPRD dan DPR RI. Bahkan tugas-tugasnya pun sama mirip. Hal tersebut dikatakan Fauzan saat memberikan arahan pada gelaran peningkatan kapasitas BPD di Aula Utama Kantor Bupati di Giri Menang-Gerung, Senin (30/9/2019).

Kata bupati, terkait dengan peningkatan kapasitas BPB, ingin disampaikan bahwa, dalam setiap tugas dan fungsi BPD, melekat pula fungsi eksekutif. Semisal dalam membuat APBDes, boleh dikatakan, tugas fungsi itu dibagi dua dengan kepala desa (kades). Demikian pula dengan tugas tugas yang lain. Namun di eksekutif seperti kades, bupati, gubernur sampai presiden, memang ada kewenangan penuh untuk melakukan eksekusi anggaran.

“Dalam kontek penggunaan anggaran, bisa saya katakana, DPR, DPRD dan BPD tidak memiliki tangung jawab. Tapi tangung jawab penuh itu ada pada eksekutif,” kata Fauzan dihadapan Kepala BPMD Lombok Barat, nara sumber serta seluruh ketua BPD di 10 desa sebagai peserta peningatan kapasitas.

Menurut mantan Ketua KPU NTB ini, jika ada kekeliruan, maka yang berurusan adalah pihak eksekutif. Di sinilah perlu diketahui semua alur, sehingga kemudian apapun yang menjadi program, bisa terlaksanan dengan baik. Hasilnya juga bisa diukur dengan ukuran yang bersifat kualitatif.

“Terkait dengan aspirasi dari teman-teman BPD memang agak kesulitan, karena terkait dengan peraturan, semisal masalah honor, tentu akan mengganggu ADD. Karena tidak boleh digunakan lebih dari 20 persen,” katanya. Aturan ini melekat pada peraturan pemerintah (PP) yang mengatur tentang aturan maksimal persentase yang boleh dianggarkan dari ADD.

Namun bupati meminta, Kepala BPMD Lombok Barat untuk mengecek kebenaran prosentase ini, termsuk ke luar daerah. Kalau ada cara, tidak salah mencontoh cara-cara dan siasat yang baik dari kabupaten lain.

“Kalau ada cara, Insha Allah pasti akan kita perhatikan, namun ada satu syarat, tidak melanggar peraturan perundang-undangan,” tegas bupati seraya menyebut, kepala dusun (kadus), BPD, Kades pun menuntut untuk dinaikkan kesejahterannya.

Sementara itu Ketua BPD Ombe Baru, Afifudin Adnan menyatakan, pada gelaran peningkatan kapasitan BPD ini mengambil tema, mendorong tercipatnya pemerintahan desa yang transparan, akuntabel, partisipasif, responsif dan mengacu pada permendagri 113/2013 tentang pengelolaan anggaran desa.

 

Baca Juga :


Dengan dasar regulasi ini, Afifudin menyatakan, belum terlaksananya kapasitas BPD saat ini. Untuk itu, wartawan dan presenter TV9 ini, menyampaikan aspirasi seluruh Ketua BPD dari 7 kecamatan dan 10 desa yang hadir saat ini untuk dinaikkan insentifnya.

“Izinkan kami menyampaikan beberapa aspirasi dari teman-teman BPD dan anggota, semoga bisa direalisasi oleh bapak bupati,” pinta Afifudin.

Dalam aspirasi Afifudin menyebut, BPD seperti dianaktirikan oleh pemerintah pusat dan daerah. Karena dikaitkan dengan regulasi tentang BPD sangat sedikit, sementara tufoksinya sangat banyak. Aspirasi lain sebut Afifudin, seringnya persoalan yang terjadi antara BPD dan Kades, kadang tidak ingin diawasi sesuai tupoksi BPD.

“Silahkan kita bertengkar, tapi secara etis dan professional, bertengkar dalam tataran emosional yang tidak menimbulkan kebencian dan permusihan,” harap Afifudin seraya menambahkan, aspirasi yang paling mendasar dan sering terungkap adalah, kaitannya dengan insentif BPD.

 



 
Pangkat Ali

Pangkat Ali

Save Our Gumi Paer...LOMBOK Lalu Pangkat Ali, kesehariannya sebagai ASN -Pejabat Fungsional Pranata Humas Permkab.Lobar. Tinggal di Desa Kopang-Lombok Tengah. CP & WA: 081907941070. Fb: Fotografer Kopang & Eliza Agniya

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan