logoblog

Cari

Fasilitas Bentuk Dukung, Tupoksi Penyuluhan Di KLU

Fasilitas Bentuk Dukung, Tupoksi Penyuluhan Di KLU

Perkembangan penyuluhan di Indonesia sangat mengalami kemajuan, perkembangan tersebut sesuai dengan tuntutan dari pelaku utama dan pelaku usaha dalam rangka pencapaian

Pemerintahan

Syamsul Riyadi
Oleh Syamsul Riyadi
10 Oktober, 2019 12:37:56
Pemerintahan
Komentar: 0
Dibaca: 204 Kali

Perkembangan penyuluhan di Indonesia sangat mengalami kemajuan, perkembangan tersebut sesuai dengan tuntutan dari pelaku utama dan pelaku usaha dalam rangka pencapaian tujuan penyuluhan salah satunya untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan petani. Pada saat ini, penyuluh tidak diartikan sebagai transfer teknologi lagi, tetapi karena kebutuhan petani tidak hanya berkuat dilahan pemasaran usahatani dan masyarakat tanipun tidak bisa lagi dianggap sebagai orang-orang yang tidak berkemampuan akan teknologi inovasi pertanian karena petani sendiri lebih berpengalaman dan didukung akan mengakses informasi teknologi pertanian sangat mudah didapatkan pada zaman dgital internet.

Salah satu kontribusi besar perekonomian Provinsi Nusa Tenggara Barat pada bidang pertanian, terlebih lagi di Kabupaten Lombok Utara. Pertanian Kabupaten Lombok Utara menjadi tumpuan hidup masyarakat petani yang selain dengan pariwisata. Sehingga peran pertanian baik dalam sub sector tanaman pangan, hortikultura, perkebunan dan peternakan menjadi dukungan pemerintah daerah dalam meningkatkan kesejahteraan pereknomian masyarakat petani, serta di bidang perikanan dan kehutanan. Dalam meningkatkan peran serta tersebut maka di butuhkanlah pendamping petani sebagai pelaku utama dan pelaku usaha berupa penyuluhan pertanian.

Dengan jumlah sekitar 911 kelompoktani (poktan), 337 gabungan kelompoktani (gapoktan) dari 33 desa yang tersebar di 5 kecamatan (pemenang, tanjung, gangga, kayangan dan bayan) di kabupaten Lombok Utara. Peran serta penyuluhan sangat dibutuhkan, terutama dalam membantu menyebarluaskan informasi pertanian dan mendampingi petani dalam segala hal seperti mengakses informasi pasar, teknologi, pemodalan dan meningkatkan sumber daya lainnya dalam meningkatkan produktivitas efesiensi usaha pendapatan dan kesejahteraan masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Bidang Sarana Prasarana dan Penyuluhan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kab. Lombok Utara Ir. I Nyoman Gusandri, bahwa peran penyuluh pertanian di kabupaten Lombok Utara dalam mendukung program-program kegiatan pemerintah daerah maupun pusat sangat penting dan membantu. Terlebih dengan keterlibatkan langsung penyuluh dilapangan dalam mendampingi petani sebagai pelaku utama untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian pasca bencana alam gempa pada tahun sebelumnya.

Dijelaskan bahwa jumlah ketenagaan penyuluhan sebanyak 80 penyuluh dimana 25 penyuluh PNS, 15 Penyuluh THL-TBPP dan 40 penyuluh swadaya tersebar pada 33 desa ditambah dengan 10 desa pemekaran tahun ini. Sehingga pemerintah daerah memberikan dukungan fasilitas sarana prasarana kepada penyuluh berupa alat transportsi sepeda motor aerox sebanyak 14 unit khusus diperuntuhkan kepada penyuluh.

 

Baca Juga :


Sebelumnya kelembagaan penyuluhan pada 5 UPTD pada masing-masing kecamatan pemenang, tanjung, gangga, kayangan dan bayan diberikan sarana prasarana perkantoran seperti komputer, laptop, printer, lcd. Selain itu juga, alat mesin pertanian handtrator, handspyer, powertheser dan sebagainya telah realikasikan sebulan sebelumnya ungkap pak Gusandri sapaan akrab.

Kedepan juga akan mengusahakan setiap UPTD kecamatan akan dipasangi wifi dalam mendukung kinerja penyuluhan dalam menyebarluaskan informasi inovasi teknologi pertanian pada era millennial. Dengan harapan penyuluh lapangan dituntut untuk memiliki multifungsi yaitu transfer teknologi/teknis, fasiilitasi/penghubung, penasehat/advisor, organisator serta sebagai agen pembaharu. Untuk mendukung fungsi fungsi tersebut, penyuluh pertanian lapangan mestinya juga menguasai medan karakteristik social, adat/budaya dan memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi pada zaman era digital



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan