logoblog

Cari

Ciptakan Aktor Terlatih Dalam Penyusunan Pelaporan

Ciptakan Aktor Terlatih Dalam Penyusunan Pelaporan

Mataram _Mewujudkan pertanggung jawaban keuangan negara sebagaimana ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan, maka perlu dilaksanakan suatu kegiatan yang merujuk pada mekanisme dan

Pemerintahan

H.DJOKO PITOYO,S.SOS
Oleh H.DJOKO PITOYO,S.SOS
14 November, 2019 10:18:14
Pemerintahan
Komentar: 0
Dibaca: 697 Kali

Mataram _Mewujudkan pertanggung jawaban keuangan negara sebagaimana ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan, maka perlu dilaksanakan suatu kegiatan yang merujuk pada mekanisme dan prosedur tentang pelaksanaan sistem akuntansi dan pelaporan keuangan Pemerintah tersebut, agar laporan keuangan kita tetap memenuhi standar akuntansi dan kaidah-kaidah yang diharapkan.

“Bukan hanya sekedar untuk membuat standar penyajian laporan keuangan yang sama, tetapi juga sekaligus untuk memenuhi tuntutan prinsip transparansi dan akuntabilitas, baik dari aspek fiskal maupun non fiskal”, disampaikan Kepala Kanwil Kemenag Provinsi NTB H. Nasruddin pada saat memberikan sambutan dan arahan yang sekaligus membuka secara resmi kegiatan Workshop Penyusunan Laporan Keuangan di lingkungan Kanwil Kemenag Provinsi NTB sore ini (Senin, 11-11-2019).

Diinginkan dalam kegiatan ini untuk bagaimana kita membangun sistem laporan keuangan kedepan, karena laporan keuangan yang baik dan aplikasi-aplikasi yang digunakan terus disempurnakan guna kepentingan laporan keuangannya, “Akuntansi adalah proses identifikasi, pencatatan, pengukuran, pengklasifikasian, pengihtisaran transaksi dan kejadian keuangan, penyajian laporan serta penginterpretasian atas hasilnya”, papar H. Nasruddin. Pentingnya pengelolaan keuangan, baik dari penggunaan sampai pelaporan pertanggung jawabannya, sehingga baru-baru ini dikukuhkannya aktor-aktor aktual yang akan bertanggung jawab tentang pelaporan keuangan di Instansi kita (Kementerian Agama, Red.), tambah

H. Nasruddin didepan 58 orang operator SAIBA dan BMN yang menjadi peserta Workshop Penyusunan Laporan Keuangan yang terdiri dari unsur Kantor Kemenag Kabupaten/Kota sebanyak 20 orang dan 38 orang dari unsur Madrasah Aliyah Negeri se Provinsi NTB.

 

Baca Juga :


Dilaksanakannya kegiatan Workshop Penyusunan Laporan Keuangan yang akan berlangsung selama 3 hari dari tanggal 11 sampai dengan 13 Nopember ini diharapkan akan menghasilkan aktor-aktor pelaporan dapat menganalisis dan dievaluasi biaya pengeluaran secara baik, “Yang penting kita tau hak dan kewajiban kita secara tepat dan terarah”, tegas H. Nasruddin.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyelenggara H. Fathurrahman dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini selain untuk menyajikan informasi yang akurat dan tepat waktu tentang anggaran dan kegiatan keuangan Pemerintah sebagai dasar penilaian kinerja, juga dimaksudkan untuk penyelenggaraan tertib administrasi dan pelaporan transaksi keuangan serta untuk dapat menjaga kualitas laporan keuangannya, lapornya di Hotel Lombok Plaza Cakranegara tempat dilaksanakannya kegiatan ini.



 

Artikel Terkait

0 KOMENTAR

Belum ada komentar.
Berikan Komentar Bermanfaat Meski Satu Kalimat
 
 

TULIS KOMENTAR

Silahkan Login terlebih dahulu untuk mengisi komentar.
 
Copyright © 2008-2019 | kampung-media.com. All rights reserved.
 
Tutup Iklan