Kenaikan BBM Picu Naiknya Upah Buruh Tani

Krens Lotim. akibat kenaikan harga BBM akan berpengaruh terhadap kondisi masyarakat di daerah. masyarakat yang miskin akan semakin miskin dan masyarakat yang kondisinya hampir miskin akan menjadi miskin. “Soalnya, beberapa kebutuhan pokok akan semakin meningkat dan mereka bahkan tak mampu untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya,” jelas Amaq Bingkok saat bincang – bincang dengan tim KM sesaat sebelum berangkat bekerja ke sawah, Rabu (19/6/2013).
Searah dengan pembicaraan KM dengan Amaq bingkok di atas, para petani tembakau saat ini sudah mulai mengeluh dengan tingginya upah buruh, sedikit tidak ini adalah merupakan pengaruh dari naiknya harga Bahan Bakar Minyak ( BBM ).

H. Muksin, salah seorang petani yang sudah beberapa hari ini bingung dengan semakin sedikitnya pekerja namun ongkos dan biaya semakinj meningkat seiring naiknya harga bahan bakar minyak yang ditetapkan pemerintah beberapa hari yang lalu.

“Apa yang dapat kita beli kalau seperti ini”. harga cabai naik, beras naik, sayurpun naik, kata Amaq Bingkok sedikit menyindir pemilik sawah yang masih enggan menaikkan upah buruh tani.

Sementara itu Abu Bakar dalam dialognya dengan anggota kelompok tani ” Jantan Ijo ” membenarkan adanya perubahan upah buruh saat ini akibat dari naiknya BBM bersubsidi. Petani dan buruh harus mempertimbangkan kondisi saat ini, jangan hanya mau menang sendiri, jadi harus melihat bagaimana perubahan suasana, jelasnya saat diskusi.

Mudah – mudahan tidak terlalu berdampak pada pertumbuhan ekonomi masyarakat akibat dari semua ini. (MA).

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Advertisement

Artikel Terbaru