DPT Lotim 810.184 Pemilih

 


Komisi Pemiliham Umum kabupaten Lombok Timur, Sabtu (30/11) menggelar rapat pleno terbuka penetapan daftar pemilih tetap, setelah dilakukan rekap pleno tanggal 1 November 2013 lalu masih banyak ditemukan pemilih yang memiliki data invalid, sehingga perlu dilakukan verifikasi kembali disetiap pemilih yang memiliki data invalid, hasil kerja PPS dan PPK se-kabupaten Lomboik Timur yang diplenokan hari ini.
 
Dari hasil rekap DPT Lombok Timur terjadi penurunan jumlah pemilih sebanyak 4.328 pemilih hal tersebut dikarena adanya pemilih yang meninggal dunia, pemilih yang menjadi Anggota TNI/Polri, pemilih dibawah umur, pemilih yang tidak dikenal, pemilih yang pindah domisili, serta masih adanya pemilih yang ganda, dari kategori diatas, sebanyak 2.432 pemilih yang pindah domisili keluar kabupaten maupun pindah provinsi bahkan ada yang pindah keluar negeri sebagai tenaga kerja. Meninggal dunia sebanya 639 pemilih, TNI/Polri 14 pemilih, pemilih ganda 1.143 pemilih dan pemilih dibawah umur dan tidak dikenal sebanyak 100 pemilih.

 
Daftar pemilih tetap kabupaten Lombok timur setelah dilakukannya verifikasi sejumlah 810.184 pemilih yang sebelumnya berjumlah 814.512 pemilih. Dari sejumlah pemilih tersebut 125.443 pemilih tidak memiliki identitas kependudukan, sehingga hal tersebut berakibat tidak bisanya pemilih untuk menyalurkan aspirasinya sesuai dengan UU pemilu.
 
Menanggapi permasalahan tersebut, Parihin, S.Sos. Kepala Dinas Dukcapil kabupaten Lombok Timur, akan segera menerbitkan identitas kependudukan bagi penduduk yang belum memiliki. Kami sudah berkoordinasi dengan kementerian dalam negeri terkait hal tersebut, dan segera akan kami tindak lanjuti, imbuhnya.
 
Pada kesempatan itu pula ketua KPU, Khairil Anwar mengapresiasi kerja PPS dan PPK selama melaksanakan verifikasi sehingga diperoleh data seperti sekarang ini. Karena akan berakhirnya masa jabatan anggota KPU pada 4 Desember, pada kesempatan ini pula saya mewakili anggota KPU yang lain mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya atas kerjasamanya selama ini.

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru