Blangko KTP dan KK Masih Langka


Blangko Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) Kabaupaten Lombok Barat hingga hari ini masih langka. Di Kecamatan Batulayar, warga yang ingin mendapatkan KTP dan KK masih kesulitan. Menurut keterngan salah satu Operator yang bertugas menangani Izin Pembuatan KTP dan KK di Kantor Kecamatan Batulayar, hampir satu bulan ini, Blangko Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) belum ada. Kita nunggu informasi dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten mengenai informasi adanya Blangko KTP dan KK. Menurut Hendra, salah operator KTP mengatakan jika Blangko KK dan KTP akan dikirim hari hari Jum’at atau tinggal  4 (empat) hari lagi akan dikirim dari Jakarta.

Imbas dari tidak adanya Blangko KTP dan KK, persis aktifitas bagian Pemerintahan di Kantor Camat Batulayar sedikit tenang alias sepi. Biasanya, warga yang lalu-lalang ke Kecamatan mereka mengurus KK dan KTP atau lainnya seperti Surat Rekomendasi Keterangan Tidak Mampu (SKTM) bagi masyarakat miskin.

Safani misalnya, salah seorang Kepala Dusun Penanggak Desa Batulayar yang sedang mengurus KTP untuk keperluan terpaksa harus menunggu. Daftar warga yang ingin membuat, memperpanjang, atau merubah KTP maupun KK harus bersabar. Menurut Operator KTP di Batulayar, bisa dipastikan jika di Lombok Barat Blangko KTP dan KK kosong. Masalah kekosongan Blangko Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) di Kecamatan ini kerap terjadi.

Untuk diketahui, Blangko Kartu Tanda Penduduk (KTP) maupun Kartu Keluarga (KK) dikirim dari Pemerintah Pusat (Jakarta). Setelah diinformasikan dari Dinas DUKCAPIL Lobar, mungkin pihak Kecamatan akan segera mengambil untuk pelayanan masyarakat. Harapan kita semoga keterlambatan ini tidak berlarut-larut demi kepentingan masyarakat.  Saya sering ditelpon, dikirimi pesan oleh warga, menanyakan keberadaan Blangko KTP dan KK, saya jawab singkat, belum ada, demikian tandas Operator asal Kuripan tersebut.

 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru