Musrenbang Kecamatan Batukliang Berjalan Khidmat

K.M Kamis/13/2/014. Kegiatan Musyawarah Rencana Pembangunan tingkat Kecamatan Batukliang ( Musrenbang) tahun 2015 berjalan lancar, diawalai dengan lantunan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya oleh semua peserta semakin menambah khidmat acara tersebut.

Acara rutin yang digelar setiap tahun tersebut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lombok Tengah Drs. L. Supardan, Asisten I bidang ekonomi  H. Nursiah, MSi, Anggota DPRD Dapil 6 Batukliang-Batukliang Utara, para Kepala Dinas, Muspika Kecamatan Batukliang, para Kepala Bidang Lingkup Pemerintahan Kabupaten Lombok tengah, Kepala Desa se Kecamatan Batukliang serta unsur masyarakat.

Dalam acara tersebut Sekretaris daerah Kabupaten Lombok tengah Drs.L. Supardan, membacakan sambutan Bupati Lombok Tengah, H,. Moh. Suhaili FT, SH. Dalam sambutan Bupati yang dibacakan L. Supardan menjelaskan, arah kebijakan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah ( RPJMD).

Ia mengatakan bahwa Lombok Tengah Fokus pada program peningkatan ekonomi, infrastruktur, pariwisata, aparatur, pendidikan dan kesehatan. Khusus bidang ekonomi menurut Badan Pusat Statistik ( BPS) peningkatan ekonomi Kabupaten Lombok Tengah mengalami peningkatan yang sangat signifikan.

Tercatat pada tahun 2010 ekonomi Lombok Tengah berkisar di angka 5,9 % dan pada tahun 2013 meningkat menjadi 12,6%. Ini artinya Lombok Tengah sudah melampaui target rata-rata nasional, "Ini patut kita syukuri bersama. Terkait infrastruktur bupati menjalaskan bahwa, sampai dengan tahun 2013 perbaikan infrastruktur jalan sudah 400 kilometer dalam kondisi mantap, dan pada tahun 2014, 300 kilometer dalam proses persiapan untuk diperbaiki.“ ungkap L. Supardan.

Dalam kesempatan tersebut, Sekda juga mengajak seluruh masyarakat terus menjaga keamanan, sehingga visi misi Lombok Tengah yang Beriman, Sejahtra dan Bermutu dapat tercapai.

Pada akhir sambutannya, Sekda menghimbau kepada masyarakat untuk hidup bersih dan sehat karena menurut dia, agama islam menganjurkan seluruh ummat  untuk selalu menjaga kebersihan di tengah masyarakat. “Kebersihan sebagian dari iman” ujarnya.

Usai sambutannya, pria kelahiran Desa Muncan ini membuka acara Musrenbang Kecamatan Batukliang untuk selanjutnya ditutup dengan do’a oleh H. Ihksan Mali yang kemudian dilanjutkan dengan acara diskusi dan pleno antara peserta Musrenbang dengan para SKPM yang hadir pada cara tersebut.

Dalam acara diskusi tersebut, terjadi dialog yang cukup hangat anatara SKPM dengan peserta, diskusi yang dipandu oleh Pak Bowo dari Bapeda Kabupaten Lombok Tengah. Mengawali diskusi kesempatan pertama diberikan kesempatan kepada Kepala Desa Pagutan, Syamsul Rizal, SH, pada kesempatan tersebut, Kades Pagutan menyinggung soal ketertutupan informasi terkait dengan rencana pembangunan yang disusun oleh kabupaten sehingga pada saat Musrenbang tingkat desa terjadi ketidak singkronan antara perencanaan dibawah dengan di kabupaten. Kemudian masalah asset yang terlantar berupa tanah dan bangunan juga menjadi perhatian dari kades kelahiran pagutan, 31 desember 1984 ini. Ia meminta penetapan status atas tanah dan bangunan tersebut, “Kalau bisa  agar desa diberikan kewenangan untuk memanfaatkannya,” ungkap Rizal.

Kesempatan berikutnya diberikan kepada kades Aik Darek, Kades Barebali dan Kader Posyandu Desa Aik Darek secara bergiliran.

Pada akhir acara, panitia penyelenggara Musrenbang memilih delegasi atau wali amanah yang akan mengawal usulan hasil Musrenbang tingkat kecamatan untuk diperjuangkan di Musrenbang Kabupaten. Terpilih sebagai wali amanah yaitu; Kepala Desa Pagutan, Syamsul Rizal, SH Kades Barebali, Ki Agus Azhar,SH, Ketua Gapoktan,Asmuni, dan Munaroh dari unsur perempuan(*/03). 

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru