Dokumen Kependudukan Gratis di Dompu

KM Manggelewa - Terhitung bulan Januari 2014, segala pengurusan dan penertiban Dokumen Kependudukan Tidak dipungut biaya lagi (gratis),
Berdasarkan Surat Edaran Bupati Dompu, Nomor 470 / 42/ Dukcapil/ 2014, tertanggal 20 Januari 2014, pada poin 4 menyatakan bahwa “ Melarang untuk memungut (gratis) terhadap semua pengurusan dan penertiban dokumen kependudukan yaitu meliputi, Kartu Keluarga (KK), KTP Elektronik (KTP-e, Akta Kelahiran, Akta kematian, Akta perkawinan, Akta perceraian, Akta pengakuan anak, Akta pengesahan anak, Surat Keterangan Pindah, Surat Keterangan Pindah Datang, Surat Keterangan Pindah Keluar Negeri dan Dokumen Kependudukan lainnya.

demikian penjelasan Sekretaris Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Dompu, Hj. Dariati Kusilawati, SE, M. Ap, kepada KM Manggelewa kemarin.
Lebih lanjut ia mengatakan “ Bilamana masih ada pihak-pihak atau oknum yang masih memungut biaya dalam pelayanan administrasi kependudukan, berarti melanggar ketentuan yang tertuang dalam Undang-undang nomor 24 tahun 2013, pasal 95B yang berbunyi “ Setiap pejabat dan petugas pada desa/ kelurahan, kecamatan, UPT memfasilitasi dan / atau melakukan pungutan biaya kepada penduduk dalam pengurusan dan penertiban dokumen kependudukan sebagaimana dimaksud dalam pasal 79A dipidana dengan pidana penjara paling lama 6 tahun dan / atau denda paling banyak Rp. 75 juta.
Pengurusan dan penertiban dokumen kependudukan tersebut harus tetap melengkapi dengan syarat-syarat sebagaimana ditentukan pada peraturan Presiden nomor 25 tahun 2008 tentang persyaratan dan tata cara pendaftaran penduduk dan catatan sipil.
Oleh karena itu Hj. Dariati berharap kepada masyarakat agar tidak sungkan-sungkan mengurus dokumen kependudukannya di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Dompu, karena semua pengurusannya gratis, tegasnya.

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru