NTB Sabet 4 Penghargaan Sekaligus di Tingkat Nasional

Provinsi NTB berhasil menyabet 4 penghargaan sekaligus di event tingkat nasional. Empat penghargaan tersebut yaitu penghargaan MDG’s Award tahun 2014, di dua kategori. Kemudian penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara Utama dan sebuah penghargaan pada kompetisi inovasi daerah pada bidang pelayanan publik tahun 2014.

Untuk penghargaan MDGs Award 2014, Provinsi NTB meraih penghargaan sebagai Provinsi Terbaik Pertama kategori Provinsi dengan Laju Pencapaian MDGs Terbaik 2011-2013 dan Provinsi Terbaik Pertama kategori Pencapaian Indikator MDGs Terbanyak tahun 2011-2013. Penghargaan MDGs Award 2014 ini adalah penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional kepada provinsi yang dinilai terbaik dalam pencapaian sasaran MDGs 2014.


Provinsi NTB juga menerima penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara Utama 2014, atau penghargaan yang diberikan oleh Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional kepada suatu daerah yang dinilai memiliki perencanaan pembangunan daerah terbaik.

Dalam hal ini, Provinsi NTB berhasil meraih penghargaan sebagai Provinsi Terbaik III dalam penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah Tahun 2014 Tingkat Provinsi Kategori B,  bersanding dengan Provinsi Sumatera Selatan yang menjadi Provinsi Terbaik II dan Jawa Tengah sebagai Provinsi Terbaik I.

Dalam siaran pers yang dikirim Bappeda NTB, Kamis 1 Mei 2014, Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi NTB, Chairul Mahsul, mengatakan, Anugerah Pangripta Nusantara Utama diberikan kepada provinsi yang dinilai berhasil menyiapkan perencanaan pembangunan daerah yang terbaik.

Penghargaan Anugerah Pangripta Nusantara Utama 2014 diberikan oleh Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional atau Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Armida S. Alisjahbanan kepada sejumlah kepala daerah berprestasi.

Untuk NTB, penghargaan diterima langsung oleh Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Majdi, disaksikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Wakil Presiden Boediono, dalam rangkaian kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) tahun 2014, yang digelar di Gedung Bidakara, Jakarta Selatan,  Rabu 30 April 2014.


Selain menerima penghargaan MDGs Award dan Anugerah Pangripta Nusantara 2014, Provinsi NTB juga menerima penghargaan inovasi daerah dalam bidang pelayanan publik terbaik nasional. Berdasarkan penilaian Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Program Kampung Media di NTB menjadi salah satu “Nine Top” dalam kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Nasional tahun 2014.

Penyerahan Anugerah pada Kampung Media diberikan langsung oleh Menteri PANRB Azwar Abubakar dan diterima juga oleh Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Majdi saat penutupan Musrenbang yang dihadiri Wakil Presiden Budiono. Selama Musrenbang Kampung Media bersama 9 Top Inovasi lainnya menjadi peserta pameran dan tergabung dalam stan KemenPANRB.

Disampaikan Chaerul, Program Kampung Media merupakan salah satu program terobosan Pemerintah Provinsi NTB yang mendorong penyebarluasan informasi berbasis komunitas. Program Kampung Media berlandaskan pada kekuatan jurnalisme warga, dari warga - untuk warga dan oleh warga. Komunitas Kampung Media tersebar di 10 kabupaten/kota yang berada di wilayah NTB. Komunitas ini mengusung semangat, “Sampaikan Informasi Bermanfaat Meski Satu Kalimat”.

“Prestasi ini adalah persembahan untuk kita semua masyarakat Nusa Tenggara Barat. Tentunya, prestasi ini akan terus memacu kebersamaan, semangat dan komitmen kita untuk membawa daerah ini lebih maju dan bermartabat. Membuat masyarakat lebih sejahtera meskipun dalam segala keterbatasan yang ada. Dan, kita telah mampu membuktikannya bersama melalui serangkaian anugerah yang kita terima dalam ajang Musrenbang Nasional kemarin,” ujar Chaerul. (Jib*) - 01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru