Masyarakat Diminta Menilai Kinerja Pemkab Dari 4 Aspek

KM Bali 1-Dalam kepemimpinannya selama kurun waktu tidak kurang dari 4 tahun ini Bupati Dompu H. Bambang M. Yasin menharapkan agar keberhasilan serta efektifitas kepemimpinannya tersebut dapat dinilai dari 4 aspek saja sesuai dengan janjinya pada saat kampanye dulu.

Hal ini diungkapkan Bupati Dompu HBY dalam rapat kordinasi bersama seluruh pimpinan SKPD di Aula rapat pandopo Kamis (24/04) belum lama ini. Hal ini dijelaskan beliau sebagai ekspresi kekecewaannya terhadap naskah pidato dari BAPPEDA Dompu yang dibacanya sebagai pembuka laporan LKPJ APBD Dompu tahun 2013 bebeherapa waktu sebelumnya.

Menurut Bupati, isi dari konsep pidato yang dibuat BAPPEDA tidak memperlihatkan indikator keberhasilannya dalam mencapai visi dan misinya sebagai Bupati Dompu. Padahal, visi dan misi yang ia ungkapkan disaat kampanye itu saat ini sudah terlihat titik keberhasilannya. "Saya minta efektifitas kepemimpinan saya dinilai dari 4 aspek saja sesuai dengan janji kampanye saya dulu", Ungkap bupati dalam rapat yang membahas tentang strukur organisasi di lingkup Pemkab Dompu itu.

HBY menyatakan 4 aspek tersebut adalah peningkatan pendapatan masyarakat, peningkatan ketersediaan lapangan pekerjaan di Kabupaten Dompu, Kemampuan pemerintah dalam menurunkan angka kemiskinan, dan terakhir adalah kemampuan Pemerintah dalam meningkatkan nilai investasi di Kabupaten Dompu. 4 aspek ini menurutnya dapat dijadikan indikator keberhasilannya dalam memimpin Dompu.

Pada kesempatan yang berbeda, Bupati Dompu dihadapan para tamu undangan upacara peringatan Hut Dompu ke 199 april lalu menjelaskan saat ini angka kemiskinan di Dompu kian menurun. Fakta ini dapat dilihat pada data statistik tahun 2010 angja kemiskinan mencapai 21,9 persen sedangkan pada tahun 2012 menurun menjadi 16,57 persen.

Dengan program Pijarnya, Bupati Dompu juga mengungkapkan pihaknya telah berhasil meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat dari 4,5% tahun 2010 menjadi 7,9% pada tahun 2012. Peningkatan pertumbuhan ekonomi ini juga diiringi dengan perningkatan pendapatan masyarakat dari 8.680.000 perkapita tahun 2010 menjadi 11.816.882 per kapita pada tahun 2012 ini. Bupati optimis pertumbuhan 4 indikator ini akan terus meningkat tiap tahunnya.(Oz) - 01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru