Desa Maria Siap Menerima Tim Penilai Nasional

KM LENGGEWAWO,- Setelah terpilih meraih peringkat ke 8 dalam ajang Lomba Desa tingkat nasional, Desa Maria Kecamatan Wawo Kabupaten Bima menggelar rapat persiapan untuk menghadapi tim Nasional dari Jakarta yang akan melihat keberadaan Desa Maria, Selasa (15/7). Rapat ini berlangsung di Paruga Toi Kantor Desa Maria yang dihadiri oleh Camat Wawo, Kapolsek, Danramil Wawo, Kepala Desa beserta seluruh tokoh masyarakat, pemuka agama, tokoh pemuda dan masyarakat Desa Maria.

Rapat Koordinasi ini bertujuan untuk mempersiapkan menyambut kedatangan Tim Lomba Desa tingkat Nasional yang akan datang dari Jakarta beserta rombongan dan tim dari Propinsi Nusa Tenggara Barat yang ingin melihat keberadaan Desa Maria secara langsung. Kedatangan Tim ini juga sudah dikoordinasikan dengan pemerintah Kabupaten Bima untuk membantu dalam penyambutan


Camat Wawo, Syarifuddin Daud, S, Sos dalam paparannya mengungkapkan untuk menyambut Tim dari tingkat Nasional ini perlu persiapan matang, seperti indikator penilaian yang di lombakan kemarin harus terlihat dan lebih dimatangkan lagi. “Tim dari Jakarta ini ingin melihat kehidupan masyarakat kita di Desa Maria, budaya, dan potensi yang dilombakan apakah benar-benar sesuai dengan yang dilaporkan dalam 14 indikator penilaian tersebut, kalau secara fisik benar-benar ada, maka Desa Maria kemungkina besar bisa masuk dalam 3 besar peringkat Nasional”, ujar Camat Wawo denga nsemangat.

Lebih lanjut Syarifudin mengatakan, “Partisipasi masyarakat dalam lomba desa ini merupakan penilaian tersendiri, jadi saya berharap ketika rombongan dari Jakarta datang nantinya kita masyarakat Desa Maria hadir semuamenyambut kedatangan mereka, kita tampilkan atraksi kesenian budaya kita seperti Ntumbu (Adu Kepala) mpa’a manca (permainan bibi atau sebelum berperang didoakan oleh bibi), sagele (tarian bima) dan sebagainya”, kata Syarifuddin.


“Kepala desa juga harus mempersiapkan diri untuk mempresentasikan 12 indikaor penilaian dalam lomba desa tingkat nasional ini dihadapan tim dari tingkat pusat nantinya. Saat presentasi nanti sudah tidak menggunakan teks, jadi dari sekarang harus dilatih”, ujar Bapak Camat.

Ketua Panitia Lomba Desa, H. Lukman Rasyid, S. Pd juga mengatakan, semua potensi yang ada di Desa Maria saat rombongan tim penilai dari Jakarta datang kita harus mempersiapkannya. Mulai dari tarian budaya, pakian adat, bahkan nantinya tim penilai dari pusat akan kita ajak ke situs budaya Lengge. “Kita persiapkan sambutan dengan meriah untuk menyambut kedatangan tim yang akan menilai desa kita, termasuk akan kita ajak ke situs budaya Lengge, agar mereka bisa melihat langsung situs budaya yang berumur ratusan tahun itu”, ujar Lukman. (Efan) -05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru