Prestasi Lomba Desa Terus Pertahankan

KM LENGGE WAWO,-   Warga Desa Maria harus berbangga mendapatkan penghargaan lolos menjadi 10 besar dari 33 duta Provinsi di Indonesia, berhasil menempati yang terbaik di antara 493 Kabupaten di antara 8 ribu lebih Kecamatan. Bahkan, saat ini Desa Maria ada di antara 72.894 Desa di Indonesia.

Ketua Tim penilai, Drs Imran, dalam sambutannya, mengatakan seluruh desa yang ada di Indonesia  sangat berharap untuk bisa meraih peringkat 10 besar Nasional. Tentunya terpilihnya desa Maria lolos 10 besar bukan merupakan proses yang muda untuk masuk peringkat Nasional, tapi melewati berbagai proses seleksi yang ketat mulai dari tingkat kecamatan, kabupaten, hingga berhasil lolos mewakili Provinsi NTB. Kini berhasil lolos sepuluh besar dan saat ini sedang melakukan verifikasi lapangan untuk memilih enam desa terbaik se-Indonesia.

Imran juga mengingatkan Jika lolos enam besar Kepala Desa akan diundang ke Jakarta untuk mempresentasikan berbagai keberhasilan di desa. Oleh karena itu, katanya,prestasi yang dicapai ini jangan sampai luntur setelah penilaian ini berakhir. Padahal, prestasi yang dicapai ini dapat dipertahankan hingga beberapa tahun ke depan kembali mampu bersaing untuk lomba yang sama hingga tingkat nasional. Karena persaingan di tingkat nasional makin sedikit pesertannya kian sengit.

“Kami berharap klarifikasi penilaian lapangan ini,  kami ditunjukkan dan dijelaskan berbagai capaian yang sudah dilakukan desa Maria, terutama instrumen yang telah disampaikan kepada tim, semoga bias meraih yang terbaik,” katanya.

Dalam presentasi mengenai keberhasilan berbagai pembangunan yang dicapai desa Maria, berbagai pertanyaan yang dilontarkan ke kepala desa saat sesi tanya jawab denga tim penilai di jawab oleh kepala desa dan dibantu oleh beberapa panitia dari lomba Desa.

Para undangan dan tim penilai juga menyaksikan presentasi Kepala Desa Maria, Nurdin HM Saleh mengenai keberhasilan berbagai pembangunan. Setelah paparan dan presentasi tersebut tim langsung melakukan verifikasi lapangan didamping panitia Desa beserta masyarakat Desa Maria. (Efan) - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru