HUT KORPRI 2014

Upacara Hari Ulang Tahun (HUT) ke-43 Korp Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) yang dilaksanakan di halaman Kantor Kecamatan Batu Layar berjalan lancar. Cuaca mendung tidak menyurutkan hasrat para peserta apel untuk mengikuti upacara dengan penuh khidmat. Peserta apel terdiri dari Para Pegawai Negeri Sipil lingkup Kecamatan Batu Layar. Camat Batu Layar, Suparlan, S. Sos bertindak langsung sebagai inspektur upacara. Serda Muhammad Rauf sebagai Komandan Upacara didampingi Ketut Bagiartha sebagai Perwira.

Pelaksanaan Upacara HUT KORPRI semula ditetapkan pada hari Sabtu 29 Nopember 2014 kemudian diubah menjadi hari Senin, 1 Desember 2014, disebabkan karena Kabupaten Lombok Barat menggunakan sistem lima hari kerja. Adapun tema HUT KORPRI ke-43 tahun 2014 Lombok Barat adalah: “Memperkokoh Jiwa Korps, Profesionalitas dan Integritas Aparatur Sipil Negara sebagai Anggota KORPRI guna Mendukung Kepemimpinan Nasional Menuju Bangsa yang Maju, Sejahtera dan Bermartabat”.

Peringatan Hari Ulang Tahun KORPRI ke-43 sejak berdirinya pada tanggal 29 Nopember 1971 silam hendaknya bukan peringatan seremonial belaka. Momentum ini harus dijadikan sebagai wahana untuk meningkatkan semangat pengabdian, etos kerja, dan pelayanan kepada masyarakat oleh seluruh anggota KORPRI.

Sambutan yang disampaikan oleh Camat Batu Layar di hadapan para peserta apel pun sangat menarik. Jika direungi utamanya bagi mereka yang mengemban tugas dan tanggung jawab sebagai abdi negara atau Pegawai Negeri Sipil. Menjadi Pegawai Negeri Sipil atau PNS merupakan prestasi yang membanggakan di mata masyarakat. Setiap tahun, ribuan masyarakat dari berbagai latar belakang pendidikan berlomba untuk mendapatkan tempat sebagai Pegawai Negeri Sipil, begitu isi sambuan Suparlan.

Suparlan melanjutkan, meskipun demikian, pada sisi yang berbeda, Pegawai Negeri memiliki kesan yang sedikit negative pada pandangan masyarakat. Ini terlihat dari kurang maksimalnya pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. Pegawai Negeri belum menunjukkan kinerja yang optimal dalam memfasilitasi public.

Dalam sambutan itu, Camat Batu Layar mengajak semua Pegawai Negeri sebagai Aparatur Sipil Negara untuk menunjukkan etos kerja, profesionalitas, netralitas dan proporsional agar citra Pegawai Negeri baik di mata masyarakat. Di samping itu, Pegawai Negeri dituntut untuk terus berupaya mengokohkan fungsinya sebagai perekat dan pemersatu Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Jika direnungi dan dihayati isi sambutan yang disampaikan merupakan salah satu peringatan kepada mereka yang profesinya sebagai abdi masyarakat dan abdi negara. Apapun namanya, PNS atau ASN, tanggung jawab tetap melekat sebagai mereka. Hak dan kewajiban sebagai pegawai telah diatur oleh pemerintah melalui Undang-Undang. Karena itulah, sebagai Pegawai Negeri harus mampu menjadi teladan atau contoh yang baik.[] - 01

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru