Panitia Pemilihan Sekdes Cenggu Terbentuk

KM RUNGGU.-Kekosongan jabatan Sekretaris Desa Cenggu Kecamatan Belo sudah 2 tahun lebih,  maka Kepala Desa setempat Hidayah H Mahmud membentuk panitia pemelihan. Terpilih selaku ketua panitia,  Tasrif.

            Dijelaskan Hidayah di ruang kerjanya kemarin  bahwa keberadaan seorang sekdes sangat vital dalam mengelola manajemen pemerintahan desa. Kekosongan sekdes paska ditinggal Suhaimin M Ali 2 tahun silam, administrasi pemerintahan desa jadi tidak efektif. ”Sekdes lama kan sudah pensiun (Suhaimin M Ali. Red), Kakekosongannya berjalan dua tahun lebih sehingga administrasi desa repot. Terpaksa dikerjakan oleh para kaur,” urai Hidayah.

            Kata dia lagi, dengan keluarnya Undang Undang Nomor. 6 tahun 2014 tentang  desa dan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 43 tahun 2014 tentang peraturan pelaksanaan UU desa maka, maka jabatan sekdes bukan lagi seorang PNS.  Sebelum lahirnya UU tersebut jabatan sekdes dipegang oleh sorang Pegawai Negeri Sipil (PNS). Kini sudah tidak lagi seorang PNS, tapi diangkat oleh Kades dari warga setempat yang bukan seorang PNS. “Mekanisme pengangkatan inilah yang kami coba melalui musyawara mufakat, kalau tidak maka dilakukan pemilihan. Untuk itu saya sudah membentuk panitianya. InyaAllah pengangkatan seorang Sekdes secara demokratis,” jelas Kades yang sudah dua tahap memimpin Cenggu itu.

            Pembentukan panitiapun sudah dilaksanakan, yakni Senin (12/1).  Sehingga pada hari ini, (Kamis kemarin. Red) paniti sudah mulai bekerja dengan melakukan rapat kerja panitia. ”Kinerja panitia tidak ada intervensi dari pihak manapun, namun untuk koordinasi dan konsultasi tetap panitia melakukannya dengan Kasi Pemerintahan di Kecamatan Belo atau dengan Kepala BPMDes yang ada di Kota Bima,” Pungkas Hidayah.

            Ditempat terpisah Kasi Pemerintahan Kecamatan Belo, Anwar BA mengatakan bahwa desa yang mengalami kekosongan Sekdes di Kecamatan Belo hanya Desa Cenggu. Adapun Kades yang sudah selesai masa bhaktinya, ada 2 desa yakni Desa Roka dan Soki. ”Di Kecamatan Belo hanya satu sekdes yang lowong, dan dua kades. Sekdes yang sekarang Sekdes yang diangkat waktu eranya SBY jadi Presiden RI,” ujar   Anwar. (RIS) - 05

Advertisement

Artikel Terkait

Advertisement

Artikel Populer

Artikel Terbaru